Jakarta (ANTARA) - Jeep merilis klip video pendek pengujian prototipe otonom di sebuah lokasi di Moab, Utah, Amerika Serikat yang menunjukkan sepasang Grand Cherokee 4xe plug-in hybrids dengan sensor tambahan menaklukkan beberapa jalur terkenal di Moab tanpa manusia di belakang kemudi.

"Sistem mengemudi off-road canggih ini akan membantu lebih banyak pelanggan di lebih banyak negara di seluruh dunia bergabung dan menikmati petualangan," kata CEO Jeep Christian Meunier seperti dikutip motorauthority pada Rabu (31/5).

"Fitur dan teknologi ini akan memiliki aplikasi kehidupan nyata di dalam dan di luar jalur dalam berbagai kondisi mengemudi," tambahnya.

Baik Meunier maupun Jeep tidak memberikan detail lebih lanjut tentang aplikasi atau waktu produksi terkait hal itu.

Baca juga: Jeep Grand Cherokee adopsi teknologi terbaru "Engines on Axle"

Namun, sistem mengemudi otonom yang dirancang untuk penggunaan off-road kemungkinan akan menghadapi lebih sedikit rintangan peraturan daripada teknologi yang dimaksudkan untuk digunakan di jalan umum.

Adapun model Grand Cherokee yang digunakan untuk tes ini didasarkan pada basis platform.

Sementara itu, Jeep mengatakan bahwa mereka berencana untuk mematangkan kemampuan bantuan pengemudi tingkat lanjut ke dalam platform EV masa depannya.

Pada akhir 2021, pembuat mobil mengumumkan sistem perangkat lunak baru yang akan diperkenalkan mulai tahun 2024 di empat platform EV khusus Stellantis.

Baca juga: Jeep Grand Cherokee 2023 dikenalkan di Indonesia

Satu, yang disebut STLA AutoDrive, menjanjikan kemampuan SAE Level 3, yang berarti operasi hands-off, eyes-off dalam kondisi tertentu.

Model Jeep pertama yang dikonfirmasi yang akan menggunakan salah satu platform EV khusus, dan dengan demikian berpotensi menggabungkan beberapa perangkat lunak ini, adalah Wrangler-esque Recon dan Wagoneer S.

Keduanya dijadwalkan akan diluncurkan akhir tahun ini, dengan produksi yang akan dimulai pada tahun 2024.

Baca juga: Jeep Wrangler listrik dikabarkan baru tersedia 2027

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023