Jakarta (ANTARA News) - Fiat akan mengumumkan kerja sama teknis antara anak perusahaan Maserati dan Ferrari pada bulan depan untuk penyediaan mesin Alfa Romeo.

"Ferrari akan mengambil peran yang lebih aktif dalam pengembangan mesin Alfa, mirip dengan apa yang sudah Ferrari lakukan terhadap Maserati," kata Kepala Eksekutif Fiat-Chrysler Sergio Marchionne seperti dikutip Inautonews pada Senin (4/2).

Marchionne telah berjuang selama bertahun-tahun untuk melahirkan kembali merek Alfa Romeo. Pada November, ia mengumumkan rencana baru untuk memperkenalkan sembilan model Alfa Romeo terbaru pada 2013-2016.

Ia juga berencana melipatgandakan penjualan Alfa Romeo menjadi 300.000 kendaraan per tahun pada 2016. Tahun lalu, Alfa Romeo menjual sebanyak 100.000 unti kendaraan pada  2012.

Marchionne mengumumkan saat ini Fiat sedang mengembangkan tiga produk baru Alfa selain tiga merek yang sudah ada sekarang.

Seorang juru bicara Fiat mengatakan Marchionne mengiginkan sebuah seda menengah Guita, model dua tempat duduk dan Wagon Roadster dengan mesin penggerak roda belakang.

Sedan Giulia akan menggantikan model Alfa 159 yang dihentikan pada  2011 dan akan masuk pasar Eropa dan AS pada 2015.

Model itu diproduksi di pabrik Cassino, Italia tengah yang juga memproduksi kompak Giulietta untuk Alfa, Delta untuk Lancia dan Bravo untuk Fiat.

Sebelumnya Ferrari dan Maserati mengembangkan dua mesin bensin twin-turbo injeksi langsung untuk sedan andalannya Maserati Quattroporte.

Sedan Quattroporte diharapkan mulai dijual di Eropa pada Februari, di Asia pada Maret dan di Amerika Serikat pada Mei atau Juni.

(adm)
Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2013