Jakarta (ANTARA) - Modifikasi kendaraan tak melulu khusus penumpang melainkan juga yang sebenarnya diperuntukkan untuk niaga bak Mitsubishi L300 yang yang telah mengaspal di Indonesia sejak 1981 itu.

Ini seperti dilakukan Sudarwanto yang menjabat sebagai Wakil Ketua Eltitusi Gedong Songo (EGS) atau Komunitas pengguna L300 saat ditemui dalam perhelatan Kopdarnas Mitsubishi L300 di kawasan Candi Banyunibo, Yogyakarta pada Minggu (28/5). Dia mengganti warna keseluruhan bodi kendaraan dari semula hitam menjadi merah.

Warna merah ini merupakan lapisan skotlate. Pilihan skotlate yang berkualitas baik tidak akan menempel pada cat sehingga akan memudahkan pemilik bila ingin mengembalikan warna bodi pada kondisi semula.

Bodi kendaraan dia biarkan polos tanpa stiker apapun demi menonjolkan kesan netral dan elegan. Sejumlah stiker hanya dia sempatkan pada bagian kaca depan.

Selain warna, dia juga mengganti bumper bagian depan menjadi lebih ceper demi menambahkan kesan boyish pada kendaraan yang dia beli tahun 2016 itu. Kendati ceper, bumper dilengkapi sistem hidrolik agar kendaraan lebih aman terkena benturan jalan dan kerusakan.

Baca juga: MMKSI berikan program penjualan khusus Colt L300 selama September

Sistem ini berjalan secara manual. Saat menghadapi kondisi jalan berlubang, pengemudi tinggal mengangkat hidrolik agar bumper tidak membentur jalanan.

Menurut dia, sistem hidrolik pada bumper kendaraan khususnya niaga memerlukan sejumlah pertimbangan termasuk berat muatan. Ini juga menjadi salah satu alasan jarangnya para pengguna L300 seperti dirinya memodifikasi bumper menjadi lebih ceper untuk alasan lain di luar kepentingan kontes.

Dengan kata lain, kendaraan dengan model bumper demikian tak mampu menampung muatan barang yang banyak, sesuai dengan fungsi aslinya.

Walau begitu, pick up model ceper masih bisa dipakai untuk mengangkut beras dan dibawa berkendara relatif jauh misalnya dari Semarang Jawa Tengah ke Pacitan, Jawa Timur yang memiliki jarak tempuh sekitar 210 km.

Selain bumper, Sudawarto juga menambahkan sistem audio yang dilengkapi subwoofer dan televisi untuk kepentingan hiburan.

Bagi dia, upaya modifikasi membutuhkan biaya tak sedikit, apalagi jika dilakukan pada mobil lawas. Sudarwanto harus merogoh kocek sekitar Rp35 jutaan demi memenuhi hasratnya itu.

Kendati begitu, ini dapat meningkatkan harga jual kendaraan. Seorang pembeli pernah menawar L300 kreasi Sudawarto dengan harga Rp175 juta atau lebih tinggi sekitar Rp50 juta dari harga awal saat dibeli.

Modifikasi juga diterapkan pada kendaraan milik Amin Tohari, Sekretaris Komunitas AE Reog Ponorogo (Komunitas pengguna L300).

Mobil niaga yang dia beli tahun 2012 itu dimodifikasi sedemikian rupa antara lain dengan mengganti bumper, menambahkan rak besi di bagian belakang untuk mengangkut ternak, menambahkan audio, televisi di bagian depan, mengganti pelg dan atap kabin.

Sebagai pemanis, Amin menambahkan sejumlah stiker dan salah satunya terletak di kaca pintu kanan dengan tulisan "Mobil Angsuran Bukan Mobil Warisan", yang menurut dia menegaskan dirinya bukan pewaris melainkan perintis.

Dia mengeluarkan kocek sekitar Rp15-20 juta untuk modifikasi ini. Setahun lalu, mobil kreasinya ditawar dengan harga Rp130 jutaan, angka yang menurut tak terlalu jatuh.

"Kalau orang suka berkata modifikasi, itu sudah mahal karena kesenangan itu mahal," kata Amin seraya tertawa.

Memanfaatkan momen

Pertemuan antar komunitas seperti halnya Kopdarnas Mitsubishi L300 di kawasan Candi Banyunibo, Yogyakarta yang digelar pada Minggu (28/5) nyatanya bisa menjadi momen meraup untung bagi sebagian anggota. Nuryanto, dari Komunitas L300 Boyolali Community misalnya. Dia memanfaatkan momen kala itu sebagai ajang unjuk kreasi modifikasi audio dan jok, sebuah usaha yang sudah digelutinya sejak tahun 2017.

Usaha modifikasi jok dan audio kendaraan dia mulai kira-kira dua tahun sejak bergabung dengan komunitas. Bekal memodifikasi dia dapatkan secara mandiri, menonton dari YouTube. Itu pun bukan video memodifikasi kendaraan L300, melainkan mobil-mobil lain. Pengetahuan yang dia dapatkan itu kemudian diterapkan pada L300 dan dapat diakuinya sukses.

Pada momen Kopdarnas, biasanya Nuryanto menyediakan paket audio siap pasang. Paket audio lengkap dengan instalasi kabel, power amplifier, speaker split dia banderol seharga Rp4,5 juta. Biaya itu sudah termasuk pelindung jok. Harga pelindung jok semata dia jual dengan harga beragam mulai dari Rp350 ribu hingga Rp1,5 juta untuk kategori premium.

Pengerjaan selama acara biasanya memakan waktu tiga jam. Namun, khusus untuk kendaraan yang akan diikutsertakan dalam kontes, waktunya pengerjaan umumnya sekitar dua bulan.

Selama perhelatan Kopdarnas, dia sudah meraup Rp10 juta. Saat pulang, dia masih harus menyelesaikan empat pesanan modifikasi lainnya.

Kreasi Nuryanto dan timnya selain mendulang untung juga mendatangkan apreasi berupa penghargaan, dua di antaranya kategori "The Best Interior" pada suatu kontes yang digelar di Bandungan, Jawa Tengah belum lama ini dan juara dua kategori "Audio SPL" pada kejuaraan berbeda.

Baca juga: Rutin ganti oli jadi kunci L300 awet

Baca juga: New Colt L300 akan kembali diproduksi di Indonesia

Baca juga: Kelebihan mesin Euro 4 New Colt L300
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023