London (ANTARA News) - Susie Wolff akan menjadi pengemudi pertama mobil baru Williams yang akan digunakan pada musim lomba Formula One 2013.

Wolff 10 bulan lalu  ditunjuk oleh tim yang bermarkas di kota Grove di Oxfordshire itu sebagai pengemudi pencoba.

Wolff adalah istri Toto, sosok yang mengundurkan diri sebagai salah satu direktur Williams  dan bergabung dengan Mercedes mulai pekan lalu.

Wanita berusia 30 tahun dari Skotlandia itu menjadi pengemudi pertama yang akan berada di balik kemudi kendaraan FW35.

Kendaraan itu akan ditest di sirkuit di Idiada di Spanyol bulan lalu, menjelang peluncuran resmi di Barcelona pada 19 Februari.

"Saya benar-benar menikmati pekerjaan saya bersama Williams dan di sini merasa seperti berada di rumah sendiri," kata Wolff, yang akan memberi masukan kepada pengemudi Williams Pastor Maldonado dan Valtteri Bottas..

"Tahun lalu merupakan momen penggalaman paling berharga dan saya yakin saya akan terus berkembang sebagai pengemudi pencoba," katanya.

"Peran saya kali ini semakin bertambah dan saya sudah tibak sabar ingin mencoba kendaraan baru itu, untuk pertama kalinya bulan depan," katanya.

"Saya akan menunjukkan bahwa wanita dapat memegang peranan penting dalam level tinggi olahraga bermotor. Saya berterima kasih kepada Sir Frank Williams (pembentuk tim) serta semua tim teknik yang mempercayai saya untuk melakukan pekerjaan itu," katanya.

Wanita pertama yang memasuki dunia lomba kejuaraan dunia F1 adalah Giovanna Amati dari Italia, yang gagal dalam tiga perlombaan pada awal musim 1992 bersama Brabham.

Secara keseluruhan, lima wanita mengikuti laga F1 dan yang paling kondang adalah pebalap dari Italia, Lella Lombardi, yang mengikuti 12 putaran grand prix pada tahun 1970-an.

Williams berada di urutan kedelapan dari 12 tim yang mengikuti perlombaan musim lalu untuk kategori pabrik, sedangkan Maldonado berada di urutan ke-15 klasemen pebalap.

(A008/A016)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013