Bratislava (ANTARA News) - Raksasa otomotif Prancis PSA Peugeot Citroen, Senin mengatakan, telah menghentikan sementara kegiatan produksi selama 24 jam di pabriknya di Slovakia.

Perusahaan juga akan membekukan produksi selama empat hari lebih pada Februari, karena rendahnya permintaan dari Uni Eropa.

"Permintaan untuk mobil baru di Eropa telah terus menerus jatuh dan tren ini tercermin dari pengurangan produksi beberapa pembuat mobil," juru bicara perusahaan Peter Svec mengatakan kepada AFP.

"PSA di Trnava, Slovakia barat, telah menghentikan produksinya pada Senin dan akan membekukan produksi selama empat hari lebih pada Februari," tambahnya.

PSA Peugeot Citroen Prancis, yang meluncurkan Citroen C3 dan Peugeot 208 baru di Trnava, merakit 215.000 mobil pada tahun lalu dan diharapkan melebihi angka itu pada tahun ini.

Sektor otomotif Slovakia membukukan rekor produksi 900.000 kendaraan pada 2012, meskipun kesuraman melanda Uni Eropa -- pasar ekspor utamanya, menurut industri otomotif Slovakia.

Slovakia adalah tempat bagi tiga pabrik otomotif besar yang dijalankan oleh raksasa Jerman Volkswagen, Kia Korea Selatan serta PSA Peugeot Citroen dan sektor otomotif mempekerjakan hampir 74.000 orang di negara berpenduduk 5,4 juta orang itu.

Produksi mobil menyumbang 39 persen dari produk domestik bruto tahunan Slovakia.

Komisi Eropa memperkirakan ekonomi berbasis mobil dan elektronik ini, didorong oleh permintaan luar negeri terutama dari Jerman, akan tumbuh sebesar 2,0 persen pada tahun ini, membuatnya menjadi salah satu negara zona euro berkinerja terbaik setelah diperkirakan tumbuh 2,6 persen pada 2012. (A026/B012)
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013