Ottawa (ANTARA) -
Raksasa pembuat mobil Stellantis telah menghentikan pembangunan di lokasi pabrik baterai EV di Kanada, CTV News melaporkan pada Senin (15/5/2023).
Stellantis seperti dikutip mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "pemerintah Kanada belum memenuhi apa yang telah disepakati oleh karena itu Stellantis dan LG Energy Solution akan mulai menerapkan rencana darurat mereka."

Segera efektif, semua konstruksi yang terkait dengan produksi modul baterai di situs Windsor telah dihentikan, kata laporan itu, mengutip pernyataan revisi yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Langkah itu dilakukan menyusul tawaran pemerintah Kanada kepada pembuat mobil lain Volkswagen dengan subsidi produksi besar-besaran untuk pabrik baterai kendaraan listrik barunya.

Bulan lalu, Kanada berkomitmen untuk menyediakan Volkswagen dengan dukungan produksi untuk menyamai Kredit Produksi Manufaktur Lanjutan Undang-Undang Pengurangan Inflasi Amerika Serikat (IRA), setara dengan 35 dolar AS per kWh dan investasi federal berkisar antara 8-13,2 miliar dolar Kanada (5,8-9,6 miliar dolar AS).

Mei lalu, pemerintah Kanada mengumumkan pendanaan federal hingga 529 juta dolar Kanada (423 juta dolar AS) untuk Stellantis, dan Provinsi Ontario juga mendukung proyek tersebut dengan investasi hingga 513 juta dolar Kanada (410 juta dolar AS).

Dalam pernyataan email ke CTV News pada Senin (15/5/2023), juru bicara untuk Francois-Philippe Champagne, menteri inovasi, sains, dan industri Kanada, mengatakan pemerintah sedang melanjutkan negosiasi.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023