Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Suwandi Wiratno mengatakan bahwa pembiayaan untuk kendaraan roda empat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023/ 1444 Hijriah akan sedikit menurun.

"Di bulan April, kalau di bulan April, motor kayanya bisa sama dengan bulan Maret, masih bisa. Kalau mobil kelihatannya turun, jadi tinggal 82 ribu lagi tuh," kata Suwandi Wiratno saat dihubungi ANTARA, Rabu.

Hal itu dikarenakan banyaknya jumlah hari libur menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 Hijriah. Sehingga, banyak showroom maupun dealer yang menutup gerai mereka sehingga konsumen tidak dapat melakukan pembelian kendaraan.

Baca juga: Mudik jarak jauh disarankan tidak gunakan kendaraan listrik

"Ya kan hari kerjanya dikit kalau di bulan April. Dengan begitu, showroom juga akan ikut tutup," jelas dia.

Dia menjelaskan bahwa pembiayaan untuk roda dua di bulan Maret naik 16 persen dari bulan Februari atau meningkat menjadi 434 ribu. Sedangkan pada Februari, penjualan hanya mencapai 83 ribu unit.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat, pembiayaan di Februari ke Maret naik sebesar 14.4 persen dari bulan Februari dengan angka penjualan sebanyak 83 ribu mobil.

Menurut dia, pembelian kendaraan menjelang Hari Raya itu sudah dimulai sejak satu bulan sebelumnya. Hal itu terlihat jelas, penjualan di bulan Maret melonjak drastis dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

"Biasanya kan satu bulan menjelang lebaran itu pasti naik, kayak di bulan Maret, setelah ini ya pasti akan ada penurunan. Hal itu dikarenakan orang sudah beli mobil di bulan sebelum puasa untuk siap-siap pulang ke kampung bawa mobil," tutur dia.

Menurut data dari Gabungan Industri kendaraan Bermotor (GAIKINDO), penjualan kendaraan dari dealer ke konsumen (retail sales) pada periode Januari dan Februari 2023 meningkat sebanyak 17,7 persen atau 174.845 unit dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Peningkatan yang signifikan terjadi pada bulan Februari, yang mencapai 20 persen. Hal itu dikarenakan banyaknya kegiatan pameran otomotif yang ada di Indonesia.

Baca juga: Jelang Hari Raya Idul Fitri 2023 pembiayaan kendaraan optimistis naik

Baca juga: GJAW 2023, waktu yang tepat bagi masyarakat beli mobil untuk lebaran

Baca juga: Tips agar mobil hemat BBM selama perjalanan mudik lebaran
 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023