Jakarta (ANTARA) - Produsen kendaraan off-road listrik asal Amerika Serikat, Volcon ePowersports meluncurkan dua sepeda motor terbaru mereka yakni Grunt Evo, dan juga Runt LT.

RideApart pada Sabtu mengabarkan bahwa sepeda motor Grunt Evo, merupakan evolusi dari sepeda motor off-road asli milik perusahaan yakni Grunt. Varian ini hadir dengan beberapa pembaruan disegala lininya.

Baca juga: Alva sambut Ramadhan dengan "Dalam Ketenangan, Raih Kemenangan"

Sementara itu, Runt LT adalah sepeda motor off-road elektrik berkecepatan rendah untuk pengendara yang lebih kecil. Varian ini juga sebelumnya sempat menggoda pasar motor off-road dan hingga akhirnya perusahaan resmi menghadirkannya.

Grunt Evo hadir dengan menggunakan kerangka Exo-Arch, motor listrik 8,5 kilowatt, dan baterai 2,3 kilowatt-jam seperti versi sebelumnya. Perbedaan dari yang sebelumnya adalah, kini sepeda motor tersebut telah menggunakan sistem Penggerak Sabuk Karbon Gates (vanbelt) baru dari Moto X9.

Penggunaan vanbelt terbaru dari Moto X9 dapat membantu sepeda motor untuk off-raod ini lebih senyap, serta membutuhkan lebih sedikit perawatan daripada yang menggunakan rantai.

Selain itu, Evo juga sudah diasupi dengan suspensi belakang progresif baru yang menggunakan shock coilover dari Walker Evans Racing.

Volcon juga mempertimbangkan umpan balik pengendara untuk meningkatkan ergonomi pada Grunt Evo, dari integrasi jok yang dikatakan lebih nyaman dalam bentuk maupun bahan yang digunakan, serta posisi pijakan kaki yang lebih baik.

Sedangkan untuk Runt LT, perusahaan menghadirkan motor listrik sebesar 2 kilowatt, bersama dengan baterai 1 kilowatt-jam. Seperti kakaknya, ia menggunakan pengisian daya level satu reguler untuk mengisi daya dari stopkontak rumah mana pun.

Muncul dengan tiga mode penggerak plus mundur, garpu depan terbalik 43 mm, monoshock belakang dengan penyesuaian preload pegas, kecepatan tertinggi 35 mil per jam, dan jangkauan yang diklaim sejauh 25 mil dengan sekali pengisian daya menjadi menu untuk motor ini.

Baca juga: Volcon dan Torrot kerjasama buat sepeda motor listrik untuk anak-anak

Baca juga: RTR luncurkan 799e Electric Scrambler pada akhir tahun nanti

Baca juga: Next Electric Motors luncurkan skuter elektrik Mojito
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023