Jakarta (ANTARA) - Dari sederetan mobil pabrikan jenama otomotif raksasa dunia yang dipamerkan pada pagelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, PT Solo Manufaktur Kreasi (produsen mobil ESEMKA) tak mau kalah dengan turut memamerkan mobil listrik.

Pertama kalinya tampil di IIMS, jenama mobil lokal ini memperkenalkan prototipe ESEMKA Bima EV yang terdiri dari varian van pengangkut barang (Cargo Van) dan van untuk penumpang (Passenger Van).

"Prototipe mobil listrik ESEMKA yang dipamerkan di IIMS merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri," Kata Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya di IIMS, Kamis.

Kedua varian ESEMKA Bima EV memiliki dimensi Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Bima EV Passenger Van mampu menampung 11 penumpang dan Bima EV Cargo Van memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

Baca juga: Esemka ramaikan ajang IIMS 2023

Kedua mobil ini dilengkapi motor listrik “Permanent Magnet Synchronous Motor” yang mampu menghasilkan daya hingga 75 kilowatt dan torsi maksimal 165 newton meter. Tenaga ini disalurkan melalui motor listrik dengan penggerak roda belakang melalui transmisi "1st reduce gear".

Selain itu Bima EV dilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dan 350,4 V yang didukung sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) hingga 8 jam.

Baterai dapat digunakan untuk berkendara hingga 300 km dalam sekali pengisian daya penuh.

"ESEMKA percaya mobil listrik akan menjadi masa depan bagi industri otomotif di Indonesia salah satunya melalui target penurunan emisi," kata Eddy.

Adapun pengenalan mobil listrik di IIMS ini diharapkan dapat berkontribusi mempercepat proses peralihan dari mobil bahan bakar bensin, menuju kendaraan berbasis listrik atau Electric Vehicle (EV) yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Pakar nilai Esemka harus sajikan mobil yang merakyat

Baca juga: Kemenperin dorong AMMDes dan Esemka jadi solusi pacu perekonomian desa

Baca juga: Menunggu tindak lanjut Jokowi kembangkan mobil Esemka

Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023