Jakarta (ANTARA) - Setelah resmi menghadirkan jajaran baru Almaz, yakni Almaz Hybrid untuk keluarga Indonesia, Wuling Motors (Wuling) memberikan kesempatan awak media untuk merasakan langsung mengendarai SUV itu di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC) kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (04/11).

Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani dalam keterangan resminya mengatakan bahwa Wuling secara khusus mengajak rekan media nasional untuk menjajal sensasi mengendarai Wuling Almaz Hybrid, Exciting Performance, di lintasan yang telah disiapkan.

"Melalui aktivitas ini, rekan-rekan media bisa mendapatkan pengalaman setiap keunggulan Almaz Hybrid baik dari sisi performa, kenyamanan berkendara, serta inovasi canggih di aspek keselamatan berkendara," ungkap Dian Asmahani.

Baca juga: Spesifikasi Wuling Almaz Hybrid yang baru meluncur

Dalam kesempatan ini, ANTARA bisa merasakan secara langsung bagaimana sensasi berkendara di area sirkuit yang memang didesain untuk ajang balap "kendaraan hijau".
Wuling Almaz Hybrid saat uji coba di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC) kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (04/11/2022). (ANTARA/Chairul Rohman)
Untuk alasan keselamatan berkendara, pada ajang ini juga dihadirkan tim dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) yang bertugas memberikan sosialisasi keselamatan berkendara dan dilanjutkan dengan melakukan putaran orientasi lintasan bersama-sama.

"Track ini agak licin karena jarang digunakan, jadi diharapkan kita harus lebih berhati-hati dan juga memang track ini didesain untuk ajang balap Formula-e, jadi harus lebih berhati-hati karena memang berbeda dengan lintasan balap pada umumnya," ucap Soni Susmana.

Lintasan balap Formula-e sepanjang 2,4 km ini sejalan dengan produk yang dihadirkan oleh Wuling, yang menyematkan teknologi yang ramah lingkungan di dalamnya. Terdapat beberapa tantangan untuk menguji kendaraan hybrid produksi lokal dan yang pertama dari Wuling.

Baca juga: Wuling hadirkan konsep Almaz Hybrid di IEMS 2022

Mulai dengan merasakan sensasi berkendara menggunakan elektriknya, lalu berlanjut ke ranah Hybrid hingga sensasi berkendara dengan mesin bakarnya. Pada kecepatan tertentu mobil ini akan menyesuaikan sendiri langkah tersebut.
Wuling Almaz Hybrid saat uji coba di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC) kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (04/11/2022). (ANTARA/Chairul Rohman)
Pada jalur akselerasi, respon Almaz dari 0 sampai 100km/h berdasarkan hitung manual diperoleh angka  10, 2 detik. Tentu angka tersebut bisa berbeda dengan satu kendaraan dan kendaraan yang lainnya.

"Dalam hitungan saya, mencapai 10,2 detik," ucap salah satu instruksi yang mendampingi wartawan.

Untuk menunjang itu semua, Wuling Almaz Hybrid hadir dengan dukungan mesin berkapasitas 4-silinder 2.000cc dan juga tentunya kehadiran motor listrik yang didukung dengan baterai.

Baca juga: Intip fitur cerdas yang tertanam di Almaz RS EX
Wuling Almaz Hybrid saat uji coba di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC) kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (04/11/2022). (ANTARA/Chairul Rohman)
Menurut catatan yang dibagikan oleh Wuling, mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 123 hp dan menyuguhkan torsi 168 Nm yang dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 174 hp dan torsi 320 Nm.

Power output yang dihasilkan oleh kombinasi tersebut dihantarkan ke roda depan melalui Dedicated Hybrid Transmission (DHT). Selain itu, sistem cerdas pada Almaz Hybrid juga menghasilkan sensasi performa yang menyenangkan dengan tingkat kebisingan dan getaran yang rendah.

Baca juga: Wuling Almas RS dan kompetisi medium SUV di bawah Rp400 juta

Tidak hanya itu saja, para peserta juga disajikan dengan berbagai tantangan, seperti area zig-zag yang memberikan sensasi bantingan dan juga kestabilan dari Wuling Almaz Hybrid.

Selain teknologi hybrid yang disematkan di Almaz, fitur-fitur lainnya tidak ada yang berubah seperti hadirnya fitur perintah suara pertama yang menggunakan bahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND) dan teknologi Wuling Remote Control App melalui Internet of Vehicle (IoV).
​​​

SUV hybrid besutan Cikarang, Jawa Barat yang dibanderol Rp470 juta ini juga didukung berbagai fitur keselamatan seperti Front and Side SRS Airbag, Electronic Stability Control, Traction Control System, pengereman ABS, EBD, BA, Tire Pressure Monitoring System, Hill Hold Control, hingga Auto Vehicle Holding.

Baca juga: Wuling masih fokus pada pasar domestik untuk Almaz

Baca juga: Wuling Almaz Hybrid meluncur dengan harga Rp470 juta

Baca juga: Spesifikasi Wuling Almaz Hybrid yang baru meluncur
​​​​​​
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022