Jakarta (ANTARA) - Pabrikan mobil mewah Mercedes-Benz mengumumkan kehadiran SUV terbarunya, AMG EQE 2024, yang sekaligus sebagai SUV listrik penuh pertama dari divisi mobil performa dan sport Mercedes-AMG.

Dengan interior yang luas dan konsep penggerak berorientasi kinerja ini diklaim sebagai kendaraan listrik paling serbaguna dalam portofolio Mercedes-AMG.

Seperti AMG EQS Sedan dan AMG EQE Sedan, SUV AMG EQE didasarkan pada platform listrik dari Mercedes-EQ. Dua motor listrik yang bertenaga dan penggerak semua roda yang dapat diubah-ubah menjadi dasar bagi pengalaman berkendara dinamis AMG yang khas.

Untuk menjamin kenyamanan berkendara, Mercedes-AMG memasangkan suspensi udara AMG Ride Control+ dengan Adaptive Damping System, kemudi gandar belakang dan AMG Active Ride Control--sistem stabilisasi gulungan khusus AMG.

"Model baru ini adalah SUV all-electric pertama kami. Dan, setelah model AMG EQS dan AMG EQE Sedan, ini merupakan model performa ketiga yang kami dapat untuk diwujudkan sebagai turunan dari platform listrik Mercedes-EQ," kata Philipp Schiemer, CEO Mercedes-AMG GmbH, dalam pernyataan resmi perusahaan, Senin.

Desain eksterior SUV AMG EQE dicirikan oleh permukaan dengan sambungan yang diperkecil, dan transisi yang mulus. Proporsi dinamis menonjolkan karakter sporty dengan sejumlah fitur khusus AMG, termasuk gril radiator panel hitam AMG dengan strut vertikal berlapis krom.

Kelongsong lengkung roda khusus AMG dalam warna bodi, gagang pintu terintegrasi mulus, dan velg AMG 21 atau 22 inci yang dioptimalkan secara aerodinamis menambah aksen visual lebih lanjut.

Baca juga: Mercedes-Benz EQS punya sistem roda kemudi belakang hingga 10 drajat

Baca juga: Mercedes-Benz mulai produksi EQS di pabrik 56


Fasia belakang dalam warna bodi dengan diffuser yang dioptimalkan secara aerodinamis dan sirip memanjang serta lampu belakang dalam desain heliks juga menekankan tampilan dinamis kendaraan.

Interiornya juga didominasi oleh fitur-fitur AMG yang mendefinisikan gaya, termasuk jok dengan pola individual dan jok khusus dalam MB-Tex dengan microfiber dan topstitching merah.

Sebagai alternatif, jok kulit Nappa tersedia secara opsional, juga dengan pola kursi khusus AMG. Lencana AMG di sandaran kursi depan dan lambang AMG timbul di sandaran kepala depan menekankan citra merek.

SUV AMG EQE dapat secara opsional dilengkapi dengan MBUX Hyperscreen yang inovatif. Unit layar besar dan melengkung ini memanjang dari pilar A ke pilar A. Tiga layar berada di bawah satu penutup kaca dan secara visual bergabung menjadi satu.

MBUX menawarkan berbagai fungsi AMG tambahan yang menekankan karakter kinerja. Hal ini terutama berlaku untuk tampilan khas di kluster instrumen, serta tampilan multimedia dan tampilan head-up. Akses cepat ke program drive AMG DYNAMIC SELECT disediakan oleh tombol entri langsung yang sesuai di konsol tengah.

Format suara Dolby Atmos® membawa pengalaman audio di SUV AMG EQE ke level baru. Instrumen atau suara individu dalam campuran studio dapat diposisikan di sekitar area mendengarkan.

Powertrain listrik (eATS) yang bertenaga dengan motor di gandar depan dan belakang dilengkapi penggerak semua roda AMG Performance 4MATIC+ yang sepenuhnya variabel, yang secara optimal mentransmisikan tenaga penggerak ke jalan dalam semua kondisi berkendara.

Keluaran tenaga yang dihasilkan SUV AMG EQE berkisar dari 617 hp hingga 677 hp dengan Paket AMG DYNAMIC PLUS dengan fungsi Boost.

Ban MICHELIN Pilot Sport EV MO1, yang secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan all-electric AMG Performance, juga berkontribusi pada karakter dinamis kendaraan.

Tersedia untuk roda 21 dan 22 inci, ban ini memiliki rolling resistance yang rendah dikombinasikan dengan tingkat cengkeraman yang luar biasa di jalan basah dan kering.

SUV Mercedes-AMG EQE baru dilengkapi dengan baterai penggerak performa tinggi 328 volt yang kuat yang diproduksi menggunakan teknologi lithium-ion terbaru. Ini memiliki kandungan energi yang dapat digunakan sebesar 90,6 kWh dan terdiri dari sepuluh modul dengan total 360 sel kantong.

Sistem penyimpanan energi dapat mengisi daya hingga 170 kW di stasiun pengisian cepat dengan arus searah. Dalam hal ini, listrik sejauh kurang lebih 100 mil (170 kilometer, WLTP) dapat diisi ulang hanya dalam 15 menit.

Berkat pengisi daya onboard 9,6 kW2, SUV AMG EQE dapat diisi dengan nyaman di rumah atau di stasiun pengisian umum dengan arus bolak-balik. Selain itu, ada program pengisian daya cerdas yang dapat diaktifkan secara otomatis tergantung pada lokasinya.


Baca juga: Mercedes-Benz luncurkan model SUV listrik EQS

Baca juga: Mercedes-Benz konfirmasi mobil listrik EQS masuk Indonesia tahun ini

Baca juga: Sedan listrik mewah Mercedes-EQ sudah bisa dipesan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022