Jakarta (ANTARA) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) bersama Kementerian Perindustrian siap menggelar pameran otomotif Jakarta Auto Week (JAW) 2023 dengan konsep baru, pada 11-19 Maret 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi, dalam keterangannya, Selasa, mengatakan, penyelenggaraan pameran otomotif adalah untuk mendorong industri terus maju, dan menarik para investor.

"Saat ini posisi industri otomotif dalam negeri terus menguat, dan pelaksanaan JAW menjadi sangat penting untuk terus mendorong industri otomotif, menciptakan market yang besar di Indonesia, dengan demikian akan menarik para investor untuk melahirkan kendaraan model baru di Indonesia, untuk memenuhi market tersebut," tutur Nangoi.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan semakin banyak tipe dan variasi kendaraan yang dilahirkan di Indonesia, juga akan membuka kesempatan lebih lebar untuk meningkatkan ekspor industri otomotif Indonesia.

Adapun industri otomotif Indonesia terus bertumbuh, dengan pencatatan penjualan wholesales Januari–Agustus 2022 mencatat kenaikan sebesar 21,1 persen dibandingkan tahun sebelumya.

Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier pun menyatakan industri otomotif Indonesia tetap tumbuh tinggi pada semester kedua tahun ini. Pada Triwulan II 2022, perekonomian Indonesia menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 5,44 persen (YoY).

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh sektor industri pengolahan Non Migas yang mengalami pertumbuhan sebesar 4,33 persen (YoY) dan untuk sektor industri alat angkut mengalami pertumbuhan sebesar 7,35 persen (YoY), dimana Industri otomotif menjadi kontributor utama terhadap sektor industri alat angkutan.

Selain itu, Dirjen ILMATE juga menekankan pentingnya penyelenggaraan pameran untuk terus mendorong faktor produktivitas dan memberikan edukasi bagi masyarakat luas.

"Penyelenggaraan JAW 2023, diharapkan dapat menjadi katalis pengungkit dari faktor produktivitas dalam peningkatan nilai tambah sektor industri. Dengan diselenggarakannya pameran ini diharapkan semakin banyak masyarakat mengenal perkembangan industri otomotif," kata Taufiek.

Sementara itu, JAW 2023 mengangkat konsep "AUTOMOTIVE X Lifestyle", yang menampilkan variasi produk dan jasa otomotif yang dipadukan dengan penampilan produk otomotif lifestyle, dan juga mengemas atmosfir festive dengan sentuhan entertainment disepanjang penyelenggaraannya.

"Pada penyelenggaraannya di tahun depan, JAW akan mengembangkan identitas baru, tidak hanya akan menampilkan produk terbaru dengan penawaran dan promosi terbaik dari industri otomotif Indonesia, namun juga akan memadukannya dengan perkembangan tren lifestyle masyarakat," kata Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO Rizwan Alamsjah.

Berbagai program juga akan hadir sepanjang JAW 2023, selain test drive dan test ride, juga akan hadir Modification Contest, Community Gathering, JAW Talks, Live Music, Fashion Show, serta Automotive Art Installation.



Baca juga: Gaikindo: Penjualan mobil tembus lebih dari 98 ribu unit pada Maret

Baca juga: Gaikindo laporkan transaksi Jakarta Auto Week ke Kemenperin

Baca juga: MMKSI catat pemesanan lebih dari 1.250 unit selama JAW 2022

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022