Jakarta (ANTARA) - Wuling Motors Indonesia hari ini meresmikan produksi perdana mobil listrik Wuling Air EV dengan target produksi 10.000 unit per tahun di fasilitas pabrik mereka yang berlokasi di Greendland International Industrial Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

“Kendaraan listrik yang kami luncurkan hari ini adalah kendaraan listrik berbasis baterai terbaru yang dikembangkan Wuling untuk dunia. Dan Indonesia menjadi tempat peluncuran perdana," ujar Shi Guoyong selaku Presiden Direktur Wuling Motors, di Bekasi, Senin.

“Kami telah membawa teknologi terbaru ke Indonesia dan demi dapat menyesuaikan strategi dan penerapan penghematan energi global, serta pengurangan emisi. Dan pastinya juga mendorong perubahan besar di seluruh rantai industri otomotif Indonesia mulai dari penelitian dan pengembangan produk, manufaktur, komponen-komponen penting, konsumen dan sebagainya," tambahnya.

Acara peluncuran tersebut pun turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh jajaran SGMW Motor Indonesia atas produksi mobil EV yang diketahui ini merupakan jenis dan tipe perdana artinya ini baru ada di Indonesia, belum ada di negara lain. Kami apresiasi ini adalah kendaraan EV (electric vehicle) yang diproduksi secara nasional, dan tidak minta macam-macam. Jadi, langsung diproduksi saja,” kata Airlangga.

Kendaraan listrik mini Wuling Air ev ditampilkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (22/7/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)


Baca juga: Wuling Air ev mulai dikirimkan ke konsumen akhir Agustus

Baca juga: Tampilan "Intelligent Tech Dashboard" Wuling Air EV


Di sisi lain, Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani menyampaikan bahwa Wuling Air ev rencananya akan diproduksi sebanyak 10.000 unit di tahun ini dan juga di tahun 2023.

Kapasitas produksi tersebut akan memenuhi pasar domestik dan juga akan diekspor ke beberapa negara di dunia untuk ke depannya.

"Indonesia ini menjadi basis produksi untuk setir kanan di dunia. Kami masih menjajaki untuk ekspor dan memang beberapa negara sudah menyampaikan ketertarikan untuk memasarkan Wuling Air EV ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dian menyampaikan bahwa Wuling Air ev akan diluncurkan secara resmi di GIIAS 2022 pada 11 Agustus mendatang. Spesifikasi lengkap berserta harga juga baru akan diumumkan pada pameran otomotif berskala internasional tersebut.

Namun, Dian menjelaskan bahwa mobil ini dapat dengan mudah melakukan pengisian daya. Wuling Air ev dapat diisi dengan steker di rumah dengan daya sebesar 2200 watt.

Baca juga: Deretan fitur "zona nyaman" anak dan orangtua di Wuling New Cortez

Baca juga: Bos Chery International temui KBRI Beijing bahas investasi dan EV

Baca juga: Baterai Wuling Air EV telah lewati 16 uji ketahanan

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022