Jakarta (ANTARA News) - Kejuaraan Indonesia Kart Prix 2012 yang diikuti pebalap dari 15 negara dan berlangsung di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, 27-29 Januari, sudah terdaftar dalam kalender badan karting internasional CIK-FIA dan dicantumkan sebagai penyelenggara adalah Ikatan Motor Indonesia.

Dalam laman resmi organisasi karting dunia (www.cikfia.com) disebutkan bahwa kejuaraan itu masuk kategori CIK-FIA Zone Sporting Calender dengan melombakan nomor KF2, Rotax dan Junior.

Sekretaris Panitia Perry Martono mengatakan di Jakarta , Jumat, dengan masuknya event Sentul itu dalam kalender kegiatan CIK-FIA, maka direncanakan perlombaan akan diadakan setiap tahun.

"Rencananya acara lomba ini diadakan setiap tahun. Pada lomba pembuka ini, kita mengundang berbagai kalangan untuk menyaksikannya, mulai dari unsur pemerintah, pengurus organisasi olahraga otomotif, pengusaha otomotif, pengurus Pengprov IMI, para atlet balap serta pelajar dari berbagai perguruan," kata Perry.

Para atlet karting internasional, kata Perry, akan berlaga di kelas KF2, Rotax Junior dan Mini Rok serta kelas legenda (veteran) yang diikuti para mantan atlet seperti Chepot Hanni Wiano, Ricardo Gelael, Beng Soeswanto, Jan Darmadi dan lainnya, termasuk Ketua Umum PP IMI Nanan Soekarna, yang sudah melakukan latihan di Sirkuit Sentul.

Pimpinan Lomba Stanley Iriawan menjelaskan, pebalap asing yang diundang turun di kelas KF2 di antaranya merupakan juara dunia, Eropa dan jagoan nasional di negara masing-masing.

Penonton di Sirkuit Sentul akan menyaksikan kepiawaian Sami Luka (21) dari Belgia, juara KF-2 CIK-FIA Eropa 2011 dan urutan kedua pada WSK Euro Series dan tahun sebelumnya juara pertama SKUSA Supernationals XIV-KF2 .

Antonio Giovianzzi (18) dari Italia adalah juara keenam Winter Cup, urutan ketiga Piala Dunia CIK-FIA dan urutan keenam WSK Euro 2011. Ia akan ditantang Esteban Ocon (15), juara nasional Prancis dan urutan kedua Kejuaraan WSK Euro Series KF3, urutan ketujuh Piala Dunia CIK-FIA.

Juara WSK Euro Series Stefano Cucco (19) dari Italia dan juara Eropa Nicolaj Moller Madsen (19) dari Denmark, kemudian Nicolas Beer, Joel Johansson, Alfredo Gagliari dan juara Jepang Saeki Arata, juga meramaikan perlombaan yang merupakan gebrakan awal PP IMI di bawah komando Nanan Soekarna yang baru terpilih sebagai ketua umum periode 2011-2015.

"Pebalap nasional yang juga sudah berpengalaman di tingkat Eropa seperti Sean Gelael (juara nasional dan Asia 2010), Senna "King" Iriawan (juara junior Asia 2010), Aldi Rizki, Andersen Martono, Presley Martono dan lainnya, akan bersaing ketat dengan para pebalap asing itu," kata Stanley.

Stanley menambahkan, sebagai direktur lomba didatangkan Alesandro Ferrari dari Italia, dibantu Chief Steward Ozonzo Di Bari (Italia), Roberto Noviello (Italia), skrutiner Novio Suzuki (Jepang) dan MC Ken Walker dari Inggris.

Para pebalap asing yang akan berlomba sudah mulai berdatangan ke Jakarta minggu ini.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012