Jakarta (ANTARA) - Cadillac, anak perusahaan General Motors (GM), mengenalkan Escalade-V 2023 yang diklaim akan menggunakan mesin "monster" dengan tenaga terbesar di kelas mobil sport utility vehicle (SUV).

Cadillac Escalade-V menggunakan mesin V-8 6.200 cc supercharged yang mampu mengeluarkan daya 682 tenaga kuda dengan torsi 653 lb-ft (885 Nm).

Tenaga yang dihasilkan mobil pesaing BMW X7, Mercedes GLS, Audi Q7, Jeep Grand Wagoneer hingga Lincoln Navigator itu ditunjang penggunaan transmisi otomatis 10 kecepatan dan sistem penggerak semua roda.

Baca juga: Cadillac All-Electric Lyriq disambut baik warga China

Cadillac Escalade-V bisa melesat 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 4,4 detik, berdasarkan pengujian awal oleh GM.

"Pelanggan dan penggemar meminta Escalade-V, dan kami senang membawa SUV berperforma tinggi ini ke pasar yang bertepatan peringatan 120 tahun Cadillac,” kata Wakil Presiden Global Cadillac Rory Harvey dalam siaran pers, Senin.
Mesin Cadillac Escalade-V. (ANTARA/Cadillac)


Perusahaan menambahkan bahwa mesin mobil itu, supercharged dan intercooler 6.2L, telah dibuat khusus untk Escalade-V. Mesin itu dibangun dengan menggunakan pola V-8 supercharged yang dipakai pada Cadillac Model V-Series, yaitu CTS-V generasi kedua dan ketiga, XLR-V, dan Blackwing CT5-V.

Transmisi otomatis 10 percepatan yang dipasang pada Escalade-V juga telah dikalibrasi sehingga lebih cocok dipasangkan dengan mesin supercharging.

Transmisi itu mampu mengirimkan torsi kepada sistem all-wheel-drive aktif (full-time active all-wheel-drive system) yang bisa membagi traksi antara roda depan dan belakang secara optimal di semua kondisi jalanan.

Escalade-V 2023 akan dijual pada semester kedua 2022 dengan harga mulai 149.990 dolar AS (Rp2,2 miliar).

Baca juga: Cadillac LYRIQ mulai masuk dapur produksi

Baca juga: Cadillac CT5-V Blackwing edisi 120 tahun laku Rp3,5 miliar

Baca juga: Cadillac segera luncurkan Escalade-V 2023
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022