Bandung (ANTARA) - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) membawa mobil listrik mid-size terbarunya, Hyundai IONIQ 5 ke kota Bandung, tepatnya melalui ajang pameran Hyundai di Trans Studio Mall (TSM), Bandung yang diselenggarakan dari tanggal 13-17 April 2022.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur, Kamis, mengatakan Hyundai IONIQ 5 sendiri pertama kali diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Dalam ajang tersebut mobil listrik tersebut menjadi produk yang paling diminati pengunjung, terbukti dengan dibukukannya lebih dari 800 pemesanan, lebih dari 3.000 permintaan test-drive, serta diraihnya penghargaan Best Electric Car, dan Most Tested Car Choice pada pameran IIMS 2022.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia khususnya atas sambutan yang luar biasa kepada Hyundai," kata dia.

Melalui IONIQ 5, Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia.

"Semoga pameran di Bandung ini dapat menjawab keingintahuan dan rasa penasaran pelanggan, dan mobil listrik mid-size terbaru yang diproduksi di Indonesia untuk masyarakat Indonesia ini dapat memberikan pengalaman berkendara terbaik dan menjadi pilihan yang tepat untuk warga Kota Bandung," kata dia.

Pada pameran Hyundai di TSM Bandung, selain IONIQ 5 para pengunjung juga bisa melihat lini produk unggulan yang dipamerkan Hyundai, yaitu CRETA, STARIA, All-New Palisade dan New Santa FE.

Pengunjung yang hadir juga dapat mencoba langsung sensasi berkendara lini kendaraan Hyundai dengan melakukan test-drive IONIQ 5, CRETA, All-New Palisade dan STARIA di area parkir Trans Studio Mall, Bandung.

Baca juga: Penjualan global Hyundai Maret turun 17 persen

Baca juga: Hyundai Creta vs All New Honda HR-V, siapa lebih unggul?


IONIQ 5 menawarkan desain futuristik yang dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

E-GMP memiliki berbagai manfaat seperti peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang bertenaga, peningkatan jarak tempuh berkendara, penguatan fitur keselamatan, dan lebih banyak ruang interior yang dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi.

Selain itu, E-GMP juga dirancang untuk meningkatan performa di kondisi tikungan dan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi.

Hal ini diperlukan untuk distribusi bobot yang optimal antara bagian depan dan belakang, desain ini juga memungkinkan pusat gravitasi rendah karena adanya low-mounted battery pack, dan implementasi motor listrik yang terletak di ruang yang sebelumnya ditempati oleh mesin.

Platform ini mengamankan baterai melalui struktur pendukung yang terbuat dari baja berkekuatan sangat tinggi.

Komponen baja yang dibentuk melalui proses dipanaskan yang mengelilingi struktur ini juga memberikan kekokohan ekstra.

Energi kinetik saat tabrakan dapat diserap secara efisien berkat dukungan di bagian penyerapan energi pada sisi body dan sasis, jalur beban energi yang efektif, serta bagian tengah dari pack baterai yang terikat erat ke badan kendaraan.

E-GMP memaksimalkan ruang interior melalui wheelbase yang panjang, overhang depan dan belakang yang pendek, serta modul kokpit yang ramping.

Dengan pack baterai yang tertanam di bawah lantai kabin, E-GMP menciptakan lantai kabin yang rata.

Hal ini memberikan legroom yang lebih luas untuk penumpang sekaligus memungkinkan berbagai macam pengaturan untuk kursi depan dan belakang.

Selain itu, IONIQ 5 memiliki tampilan yang progresif dan merepresentasikan kendaraan futuristik sesuai dengan gaya hidup yang praktis namun tetap mewah.

Tampilan IONIQ 5 secara keseluruhan membangkitkan kembali desain berani yang dipersembahkan Hyundai Pony, mobil Hyundai pertama di dunia yang dilahirkan pada tahun 1974.

Hal itu tentunya menjadi gambaran realita dari filosofi ‘Sensuous Sportiness’ pada desain mobil-mobil Hyundai, yang fokus pada aura dan impresi tampilan yang berbeda dan kuat, disertai nilai emosional dan antusiasme.

Ketajaman karakter IONIQ 5 sudah terlihat dari sisi depan kendaraan yang dilengkapi dengan Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LEDs.

Baca juga: Kia Telluride "facelift" juga meluncur di pameran New York

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 dinobatkan sebagai "World Car of the Year"

Baca juga: Hyundai rilis Palisade baru dengan banyak pembaruan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022