Jakarta (ANTARA) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selaku penyelenggara Jakarta Auto Week (JAW) telah melaporkan data transaksi pameran otomotif yang berlangsung pada 12- 20 Maret 2022, sebesar Rp2,3 triliun dengan pemesanan 5.919 unit kendaraan, kepada Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin).

"Capaian transaksi pada pameran Jakarta Auto Week yang baru pertama kali dilangsungkan ini sangat luar biasa. Kami sangat bangga, karena sesuai dengan tujuannya Jakarta Auto Week dapat berkontribusi kepada pencapaian penjualan industri otomotif pada tahun ini,” kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi pada Selasa.

Hasil tersebut merupakan jumlah transaksi yang didapat dari para peserta Jakarta Auto Week 2022, yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Baca juga: Gaikindo harap krisis semikonduktor tak pengaruhi produksi mobil

Nangoi juga bilang bahwa pameran Jakarta Auto Week dihadiri 53.164 pengunjung, dan menyebut bahwa mereka adalah calon konsumen potensial yang mungkin saja akan membeli kendaraan di diler terdekat seusai pameran itu berlangsung.

Salah satu tujuan mereka datang ke pameran, kata dia, adalah demi memanfaatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Ditanggung Pemerintah (DTP).

Gaikindo juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan segenap industri terkait yang berjalan beriringan untuk memajukan sektor otomotif Indonesia. Mereka memastikan akan menggelar kembali pameran itu pada tahun depan sebagai upaya mendorong industri otomotif.

“Hasil yang dicapai Jakarta Auto Week, memberikan semangat dan meningkatkan rasa percaya diri Gaikindo untuk menjadikan Jakarta Auto Week sebagai agenda pameran otomotif tahunan,” ujar Nangoi.

Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara pameran menyatakan Jakarta Auto Week akan menjadi rencana berkelanjutan Gaikindo untuk menjaga gairah pasar otomotif di Indonesia.

“Pada Jakarta Auto Week berikutnya, Gaikindo akan mendorong para peserta menghadirkan semua yang terbaik, perkenalan kendaraan baru, dan tentunya dengan penawaran yang lebih spesial dari tahun ini,” tutup Rizwan.

Baca juga: Gaikindo umumkan 53.164 pengunjung ramaikan Jakarta Auto Week

Baca juga: Menperin harap pameran Jakarta Auto Week dongkrak penjualan kendaraan

Baca juga: Segmen LCGC jadi kontributor utama Daihatsu
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022