Detroit (ANTARA News) - Chrysler Group LLC dan serikat pekerja United Auto Workers membahas rencana tentang kenaikan upah dasar pekerja pemula dari waktu ke waktu pada pabrikan mobil nomor tiga terbesar di Amerika Serikat itu.

CEO Chrysler, Sergio Marchionne, akan terlibat dalam pembicaraan tentang kontrak secepatnya setelah akhir pekan ini.

Rencana itu terwujud karena Fiat yang dikendalikan Chrysler dan UAW membuat kemajuan kontrak baru kurang dari seminggu sebelum berakhirnya kesepakatan tentang upah dan keuntungan selama empat tahun terakhir pada 14 September.

Pada awal pekan ini akan ada pertemuan antara Presiden UAW Bob King dan CEO General Motors Co Dan Akerson.

Pabrikan mobil Detroit itu ingin menekan biaya tetap dan bukan menawarkan kepada pekerja berupa pembagian keuntungan dan bonus lain serta kenaikan gaji tahunan, yang menjadi inti kontrak UAW selama beberapa dekade.

UAW kini kembali menginginkan perusahaan itu untuk berkomitmen membuat kendaraan dalam jumlah yang lebih besar di Amerika Serikat sehingga diharapkan akan menciptakan lapangan kerja baru.

Tapi kenaikan upah bagi pekerja "lapis kedua" juga merupakan isu utama bagi serikat itu. King mengatakan dalam perundingan seputar kontrak pekan lalu, peningkatan kesejahteraan pekerja telah menjadi prioritas utama serikat itu.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011
  • Tags