Jakarta (ANTARA) - KTM Amerika Utara dikabarkan melakukan penarikan kembali (recall) untuk semua Husqvarna FE 350 dan FE 501 2022 yang dijual di Amerika Serikat karena masalah rem depan pada 14 Januari yang lalu.

Dalam kasus ini, klip penahan "R" pada kaliper rem depan yang menahan bantalan rem pada tempatnya mungkin tidak terpasang dengan benar, dan karenanya dapat terlepas saat dikendarai.

Sebelumnya, KTM juga telah mengeluarkan instruksi ini pada Agustus 2021 yang lalu dengan kendaraan yang juga sama. Perusahaan akan memberikan tanggung jawabnya dengan akan memasangkan klip penahan dengan benar pada sepeda tersebut melalui jaringan Dealer Amerika Utara Husqvarna, gratis.

Melangkah ke Oktober 2021, perusahaan ini telah memperluas penarikannya melalui Komisi Keamanan Produk Konsumen AS untuk memasukkan beberapa model kompetisi off-road GasGas dan Husqvarna tambahan yang dijual di AS dan Kanada.

Perlu dicatat bahwa penarikan NHTSA Agustus 2021 mencakup sepeda on-road, sedangkan penarikan CPSC Oktober 2021 berlaku untuk sepeda off-road yang dipastikan memiliki masalah yang sama.

Mengingat sifat dari dua penarikan tahun 2021 ini dan hubungannya satu sama lain, tidak jelas apakah akan ada penarikan CPSC tambahan yang dikeluarkan untuk sepeda off-road terkait dengan penarikan NHTSA baru yang dirinci di bawah ini.

Penarikan kembali Januari 2022 menggantikan penarikan NHTSA Agustus 2021, dan itu hanya berlaku untuk Husqvarna FE 350 dan FE 501 2022 pada saat ini.

Di bawah penarikan terbaru ini, dealer Husqvarna Amerika Utara akan sepenuhnya mengganti bantalan rem yang menahan klip "R" pada kaliper rem depan dan belakang. Sekarang ada versi klip "R" baru dengan mekanisme penahan tambahan, yang merupakan peningkatan signifikan dari versi sebelumnya.

Untuk mengantisipasi adanya kecelakaan akibat masalah ini, semua pelanggan dengan Husqvarna FE 350s dan FE 501s 2022 di Amerika Utara disarankan untuk berhenti mengendarai sepeda motor mereka saat ini, sampai mereka dapat menerima layanan penarikan dealer Husqvarna untuk masalah ini, demikian dikutip dari rideapart.com pada Jumat.


Baca juga: Bajaj-Husqvarna akan mulai produksi motor listrik di Juni nanti

Baca juga: Tujuh produsen "recall" kendaraan di Korea Selatan

Baca juga: Husqvarna Svartpilen 701 meluncur, ini spesifikasi dan harganya
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022