Tokyo (ANTARA News) - Toyota Motor Corp mengembangkan sistem jejaring sosial "Toyota Fiend".  Autonews melaporkan tujuan sistem tersebut adalah mengubah kendaraan menjadi pusat interaksi jejaring sosial, tak ubahnya Facebook dan Twitter.

Teknologi baru tersebut diungkapkan pada awal pekan ini. Toyota menggandeng  Salesforce.com untuk mengembangkan Toyota Friend. Salesforce.com adalah provider perangkat lunak cloud computing asal San Francisco.

Sistem tersebut akan diperkenalkan tahun depan di Jepang pada kendaraan elektrik dan plug-in hybrid buatan Toyota.

Toyota Friend menciptakan sistem komunikasi mirip instant-message antara pengemudi, kendaraannya, dealer dan pabrik.

Komunikasi "real time" itu menjadikan pengemudi selalu tahu jadwal perawatan maupun kapan untuk mengisi baterai.

Pengemudi juga bisa berkomunikasi denganpo pengemudi lainnya. Log in Toyota Friend bisa dilakukan dari HP, tablet, dan desktop PC.

"Bidang otomotif harus terlibat dalam tahapan  transformasi interaksi dan cara-cara berkomunikasi masyarakat.  Layanan jejaring sosial mengubah interaksi dan cara berkomunikasi manusia," kata President Toyota Motor Corp. Akio Toyoda.

Toyota,  Salesforce.com dan Microsoft akan menanam modal 12,2 juta dolar di Toyota Media Service Co.

Toyota Friend bisa mengatur kapan "cas" baterai dan waktu yang optimal untuk pengisian. Pengguna dapat mengaktifkan "carjer" dari jarak jauh melalui HP ataupun komputer.

Update otomatis juga dapat dikirim oleh kendaraan ke pengemudi untuk memberitahu masalah-masalah perawatan. Selanjutnya, pengemudi dapat mengatur jadwal perawatan dari jarak jauh ke staf bagian servis.
(yud/A038)

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Copyright © ANTARA 2011