Jakarta (ANTARA News) -  Satu lagi seleb yang beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Penulis cerita-cerita horor Stephen King kini menggunakan  kendaraan hybrid Chevrolet Volt.

Herald Tribunes memotret keseharian King dengan kendaraannya. di Kota Sarasota dia masuk ke stasiun "cas" listrik Volt-nya.  Dia mencolokkan kabel di dinding ke kendaraannya. Listrik itu gratis karena dihasilkan dari panel surya di atap.

"Saya senang melakukannya. Setiap kali mencolokkan kabel ke mobil, seolah-olah saya bilang ke kartel minyak 'nih, colok ini ke matamu'," katanya. "Rasanya seperti mendapat surat izin mencuri."

Di Amerika Serikat dan negara maju lainnya, mobil ramah lingkungan memang tak murah tapi pemerintah memberi subsidi pajak hingga "ngecas" gratis di stasiun pengisian buatan pemerintah.

Stephen King adalah orang pertama yang menggunakan stasiun tersebut untuk kendaraannya.

Pengguna Volt lainnya terlihat masuk ke stasiun itu.  Namanya Chris Sharek. Dia  membeli Volt seharga kurang dari 50 ribu dolar dan dipesan dari New Jersey.

"Dari pada beli Jeep dan saya masih harus tambah 40 ribu dolar lagi, lebih baik saya beli kendaraan yang teknologinya lebih maju dan lebih hemat," kata Sharek.

Semakin banyak orang yang beralih ke kendaraan ramah lingkungan bukan hanya karena  teknologinya.

"Pertengahan Februari 2011, saat harga minyak selalu jadi berita utama surat kabar, kendaraan hybrid atau kendaraan mungil jadi meningkat peminatnya," kata Jessica Caldwell, analis dari Edmunds.com,  situs web konsumen otomotif.
(A038/A038)
Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011