Jakarta (ANTARA) - BMW Indonesia resmi meluncurkan BMW M5 Competition, mobil sport yang merupakan kombinasi dari kemewahan dan kenyamanan sedan bisnis dengan performa tinggi dan teknologi terdepan.

"The new M5 diperkenalkan dalam varian tertinggi di Indonesia, yaitu BMW M5 Competition, dengan mesin V8, suspensi dari BMW M8 Gran Coupe, penyegaran pada desain yang terintegrasi dengan teknologi driving assistance terbaru, sistem operasi iDrive 7.0, hingga konektivitas wireless Apple CarPlay," kata Director of Communications BMW Indonesia Jodie O'tania dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Mobil sport empat pintu dari BMW itu memiliki mesin paling kuat dalam sejarah model BMW M5 dengan output 625 hp dan dilengkapi dengan desain terbaru yang semakin tajam serta fitur mutakhir.

Baca juga: BMW Individual dapat sambutan baik dari para pecinta kendaraan sport

Apron depan memiliki kontur yang lebih berani dan memberikan saluran masuk udara yang lebih besar di samping, sedangkan air-flow bagian tengah berbentuk heksagonal dan dilengkapi dengan pendingin oli serta sensor radar untuk sistem Active Cruise Control (ACC). Sementara garis lampu depan berbentuk L dan mengarah ke kidney grille BMW.

Kap aluminium, fender dengan BMW M grills yang khas, spion BMW M yang ramping, dan atap yang terbuat dari carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) menyatu dengan desain BMW M-specific kidney grille terbaru. Di bagian belakang, bahan yang lebih tipis dari BMW M-specific twin tailpipes menciptakan rasa presisi yang lebih baik. Apron belakang berotot dengan diffuser besar juga hadir dengan beragam upgrade, seperti halnya lampu belakang LED tiga dimensi, dengan grafis cahayanya yang semakin kuat.
 
BMW M5 Competition (ANTARA/HO-BMW Indonesia)

Detail styling hitam membuat BMW M5 Competition terbaru tampak semakin mewah. BMW M-specific kidney grille, M gills yang khas, tutup kaca spion luar dan spoiler belakang, memiliki lapisan High-gloss Black. Badge BMW M5 Competition berwarna Hitam menghiasi BMW M-specific kidney grille, BMW M grills dan bagasi, sedangkan M5 Competition door sills dapat menyala dengan sangat terang.

Selain itu, BMW M5 Competition terbaru juga hadir dengan delapan pilihan warna, yaitu Brands Hatch Grey, Motegi Red Metallic, Alpine White, Black Spahire, Marina Bay Blue, Donington Grey Metallic, dan Bluestone Metallic.

Baca juga: BMW akan kurangi emisi karbon hingga 40 persen pada 2030

Kemudian, kabin BMW M5 Competition terbaru memiliki central console yang lebih besar dengan penampang 12,3 inci, sehingga lebih memudahkan pengemudi untuk mengawasi berbagai fungsi yang terkait dengan sistem dinamika berkendera.
 
BMW M5 Competition (ANTARA/HO-BMW Indonesia)

Ada dua tombol baru di konsol tengah yang memberikan akses ke pengaturan sistem. Dengan menekan tombol M Mode, pengemudi dapat beralih antara pengaturan ROAD dan SPORT dengan cepat.

Baca juga: BMW boyong i Vision Circular hingga i4 di IAA Mobility 2021

Dalam hal mesin, BMW M5 Competition dijalankan oleh unit mesin V8 yang menghasilkan output maksimum 625 hp pada 6.000 rpm. BMW M5 Competition terbaru sprint dari 0 – 100 kilometer per jam dalam 3,4 detik, menempatkannya dalam kategori super-sports cars, dan hanya membutuhkan 10,8 detik untuk mencapai 200 kilometer per jam dari keadaan diam. Sementara itu, kecepatan tertingginya berada di angka 250 kilometer per jam.

BMW M5 Competition terbaru juga dilengkapi dengan BMW M Carbon ceramic brakes. Fitur ini dapat menahan keausan dengan lebih baik, lebih ringan 23 kilogram, memberikan kinerja pengereman dan stabilitas termal yang lebih baik, serta ketahanan yang lebih baik saat digunakan di sirkuit.

BMW M5 Competition dijual oleh diler resmi BMW M mulai 17 September 2021 dengan harga Ro4,789 miliar (off the road), dengan jumlah ketersediaan yang terbatas.

"Kami yakin sports car mewah ini akan mempertahankan posisi BMW M sebagai pemimpin di segmen kendaraan mewah dengan performa tinggi di Indonesia," ujar Jodie.

Baca juga: BMW raup banyak pelanggan selama pandemi

Baca juga: BMW kenalkan i4 dan iX di IAA Mobility 2021

Pewarta: KR-SCI
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021