Jakarta (ANTARA) - Pabrikan mobil mewah Jerman Mercedes-Benz telah merilis Citan untuk menjawab semakin populernya van sebagai kendaraan rekreasi, dan kali ini disuguhkan dengan mesin volume kecil.

Citan baru memiliki dimensi eksternal yang kompak dipadukan dengan desain ruang yang dipikirkan dengan matang, membuatnya sangat memungkinkan untuk dimodifikasi menjadi mikro camper van yang populer.

Baca juga: Mercedes-Benz EQS punya sistem roda kemudi belakang hingga 10 drajat

Baca juga: Mercedes-Benz akan beralih ke mobil listrik

"Pasar kendaraan perjalanan dan rekreasi semakin penting bagi kami sebagai bagian dari orientasi strategis kami. Ini juga berlaku untuk generasi baru Citan kami, yang merupakan kendaraan dasar yang ideal untuk konversi micro camper van," kata Klaus Rehkugler, Kepala Penjualan dan Pemasaran Mercedes-Benz Vans.
Interior Mercedes-Benz Citan. (ANTARA/Mercedes-Benz AG)


Citan baru menyediakan banyak ruang dan kapasitas penyimpanan. Awalnya akan tersedia sebagai Tourer dan Panel Van dengan panjang standar dengan jarak sumbu roda 2.716 milimeter. Versi selanjutnya akan menyusul dengan jarak sumbu roda yang panjang, ditambah Mixto.

Bahkan, dalam panjang standar, Citan baru menawarkan lebih banyak ruang daripada pendahulunya. Plus ada banyak rak dan kompartemen di interior.

Desain Citan baru dibedakan oleh proporsi yang seimbang dan desain permukaan yang sensual. Bahu yang berotot dan lubang roda yang mencolok menggarisbawahi kekuatan dan daya tarik emotif kendaraan--elemen gaya yang tidak biasa untuk sebuah van kecil.

Mercedes-Benz Citan. (ANTARA/Mercedes-Benz AG)


Kenyamanan khas merek ini antara lain dengan pintu geser yang dapat dibuka lebar di sisi kiri dan kanan (standar untuk Tourer, opsional untuk Panel Van) dan langkah-langkah aero-akustik untuk mengurangi kebisingan angin.

Baca juga: Mercedes-Benz rilis van kecil listrik bulan depan

Terlebih lagi, kendaraan secara opsional dapat dilengkapi dengan peralatan kenyamanan yang familiar dari mobil penumpang, termasuk Thermotronic, keyless go, dan rem parkir elektrik.

Citan baru juga dapat dilengkapi secara opsional dengan sistem infotainment MBUX (Mercedes‑Benz User Experience). Kekuatan MBUX termasuk konsep operasi intuitif dengan layar sentuh, tombol kontrol sentuh di roda kemudi dan kontrol suara Hey Mercedes.
Mercedes-Benz Citan yang sudah dimodifikasi menjadi camper van. (ANTARA/Mercedes-Benz AG)


Sistem infotainment Citan juga integrasi smartphone dan radio digital (DAB dan DAB+). Layanan digital dari Mercedes me connect juga tersedia ex factory di new small van with the star. Pelanggan dapat tetap terhubung dengan kendaraan setiap saat.

Mesin diesel 1,5 liter dalam tiga tahap daya dan mesin bensin 1,3 liter dalam dua varian akan membentuk jajaran mesin Citan baru pada peluncuran pasar. Kekuatan bersama dari semua ini adalah kemampuan berkendara yang hebat bahkan dalam kisaran putaran rendah dan konsumsi bahan bakar yang ekonomis.

Pada paruh kedua 2022, Mercedes-Benz akan mengeluarkan Citan dengan penggerak listrik.

Dari kendaraan sehari-hari hingga menjadi van kemping mikro dalam waktu singkat, itulah konsep utama dalam adegan kehidupan van untuk kategori kendaraan van kecil. Mobil ini bisa dimodifikasi untuk dilengkapi modul furnitur yang dapat dipasang dan dilepas secara fleksibel.

Di Caravan Salon 2021 Mercedes-Benz, bersama dengan VanEssa mobilcamping, salah satu penyedia terkemuka dalam bisnis ini, menunjukkan dua contoh modifikasi Citan Tourer, dilengkapi dapur dan tempat tidur.

Baca juga: Sedan listrik mewah Mercedes-EQ sudah bisa dipesan

Baca juga: Enam pabrikan "recall" 29.000 kendaraan karena suku cadang rusak

Baca juga: Mercedes-Benz, Daimler Truck fokus ke elektrifikasi dan digitalisasi
 

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021