Jakarta (ANTARA) - Pabrikan Jepang Mazda mengungkap mobil listrik pertamanya All-new Mazda MX-30 EV 2022 yang bakal tersedia di diler pada musim gugur tahun ini dimulai dari Kalifornia, AS.

Dengan desain eksterior terlihat modern, MX-30 EV dibekali baterai lithium-ion 35,5 kWh sehingga mampu menjangkau hingga 100 mil atau 160,9 km untuk satu kali pengisian daya baterai penuh.

Dirancang untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar penduduk perkotaan, MX-30 diklaim mempertahankan dinamika berkendara yang luar biasa dan memungkinkan dampak lingkungan yang lebih rendah.

Baik saat bepergian atau di rumah, pengisian daya akan lebih mudah dalam keseharian. Mazda telah bermitra dengan ChargePoint, salah satu jaringan pengisian daya terbesar di dunia untuk memberi pemilik MX-30 kredit pengisian 500 dolar yang dapat digunakan untuk pengisian daya publik.

MX-30 mewujudkan konsep "Manusia Modern" baru yang mendorong batas filosofi desain Kodo lebih jauh. Berbeda dari kebanyakan EV, MX-30 menampilkan variasi gril depan sayap khas yang menonjolkan lampu depannya yang terpahat dalam, kata Mazda Amerika dalam pernyataan resmi, dikutip Jumat.

Pilar-d MX-30 menampilkan lencana "Mazda" baru yang hadir dalam warna hitam sebagai standar atau perak untuk trim level atas. Pilihan warna eksterior premium multi-nada yang serba baru membedakan EV dengan menonjolkan garis atap seperti coupe, sekaligus membantu membuat tampilan kendaraan terasa lebih kokoh dan membumi.

Opsi ini akan memberi MX-30 skema tiga warna dengan atap abu-abu gelap, lencana pilar-d perak, dan warna bodi yang tersedia dalam Polymetal Grey, Ceramic Metallic, atau Soul Red Crystal.

Fitur unik lainnya pada MX-30 adalah pintu gaya bebas, yang ketika dibuka penuh membantu penumpang mencapai perasaan terbuka dan bebas.

Kursi depan dapat dengan mudah disesuaikan oleh penumpang depan dengan kontrol kursi tradisional atau kontrol daya di bagian belakang kursi pengemudi untuk penumpang yang duduk di belakang pengemudi.

Baca juga: New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L siap ramaikan pasar crossover Indonesia

Baca juga: Selama 2020 Mazda CX-5 terjual 2.611 unit


Interiornya two-tone dengan jok kulit standar Pure White yang dikontraskan dengan kain abu-abu atau tersedia Vintage Brown dengan kain hitam. Kain di kedua opsi menggunakan 20 persen benang daur ulang. Trim pintu menggunakan botol polietilen tereftalat (PET) daur ulang, sedangkan gagang pintu juga dilengkapi gabus.

Teknologi elektrifikasi all-new Mazda, yang disebut e-Skyactiv EV, semakin meningkatkan pendekatan human-centric untuk dinamika berkendara dan penanganan kendaraan Mazda. Didukung oleh baterai lithium-ion 35,5 kWh, penggerak roda depan motor listrik 80,9 kW akan menghasilkan output 107 kW (143 tenaga kuda) dan torsi maksimum 271 Nm (200 lb-ft).

Pemilik MX-30 akan memiliki beberapa opsi untuk tetap mengisi daya, dengan mencolokkan listrik di rumah atau saat bepergian keliling kota dengan akses ke solusi pengisian cepat DC Level 2 dan Level 3 publik. Baterai 35,5 kWh dapat diisi hingga 80 persen dalam waktu sekitar 36 menit dengan pengisi daya cepat Level 3.

Saat dicolokkan, lampu indikator akan menunjukkan status pengisian daya. Sementara Mazda yakin dengan kinerja baterai, garansi delapan tahun, atau 100.000 mil, disertakan untuk kenyamanan pelanggan. Mazda Connected Services gratis selama tiga tahun juga memungkinkan pemilik untuk memantau dan mengontrol status MX-30 dari jarak jauh melalui Aplikasi MyMazda.

Mazda MX-30 EV 2022 dilengkapi dengan banyak fitur standar yang akan lebih dinikmati dan ditenangkan oleh penumpang dengan kepemilikan crossover listrik ini. Layar tengah berukuran besar 8,8 inci menampilkan sistem Mazda Connect™ terbaru, Apple CarPlay™, dan Android Auto™.

Semua model MX-30 menawarkan banyak fitur keselamatan i-Activsense termasuk Mazda Radar Cruise Control dengan Stop and Go, Blind Spot Monitoring dengan Rear Cross-Traffic Alert, Smart Brake Support, Rear Direction Base Safety (Smart Brake Support-Reverse & Rear Cross- Traffic Braking), Lane Departure Warning, Lane Keep Assist dengan Road Keep Assist baru, Driver Attention Alert, dan High Beam Control.

Pengemudi dan penumpang akan menghargai kursi depan berpemanas, roda kemudi berbalut kulit dan tombol shift, kaca spion otomatis dan berpemanas yang dilengkapi lampu sein. Selain itu, layar pengukur digital tujuh inci, power moonroof, kursi pengemudi elektrik delapan arah dengan dukungan, kamera spion dengan sensor parkir belakang, velg aluminium 18 inci berwarna perak, dan gril depan hitam gloss.

MX-30 EV 2022 akan dipasarkan dengan harga mulai 33.470 dolar AS atau sekitar Rp482,9 juta belum termasuk tambahan jika pelanggan ingin menggunakan warna cat premium.

Baca juga: Mazda siap rilis 13 mobil listrik antara 2022-2025

Baca juga: Mazda CX-3 tetap dijual di Indonesia meski setop produksi di AS

Baca juga: Mazda akan hapus CX-3 dari "lineup"

Pewarta: S026
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021