Jakarta (ANTARA) - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan perpanjangan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) hingga 9 Agustus. Selama masa PPKM, banyak dari masyarakat melakukan pekerjaan dari rumah, da membuat kendaraan khususnya mobil yang biasa digunakan sehari-hari akan terparkir lama di garasi rumah.

Daihatsu pada Rabu membagikan sejumlah tips untuk merawat mobil agar tetap dalam kondisi optimal saat akan digunakan.

Pertama adalah memanaskan mesin mobil secara teratur, paling tidak sekali dalam seminggu kurang lebih 10-20 menit untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki.

Baca juga: Daihatsu Rocky 1.2L resmi meluncur di Indonesia, ini harganya

Mobil yang tidak dipakai, mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya. Di lain hal, saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

Selanjutnya, menjaga tekanan angin pada ban. Anda dapat menambahkan tekanan angin sekitar 5 persen dari tekanan angin normalnya. Daihatsu juga menganjurkan untuk menggerakan kendaraan maju–mundur bersamaan saat memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan dikarenakan flat spot dapat dicegah.

Lebih lanjut, pilih area parkir yang paling tepat. Daihatsu mengatakan garasi rumah menjadi pilihan terbaik.

Bagi Anda yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari secara langsug atau dibawah pohon karena dapat membuat cat mobil pudar dan kusam. Pastikan juga lokasi parkir tersebut juga aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

Kiat selanjutnya adalah memperhatikan transmisi dan rem parkir. Demi keamanan, aktifkan rem parkir sekalipun parkir sekalipun kendaraan berhenti dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi automatic, pastikan tuas transmisi pada posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

Terakhir, adalah menjaga kebersihan mobil dengan mencuci sisi eskterior dan interior secara berkala. Pastikan tidak ada makanan sisa atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang menempel.

Baca juga: Daihatsu bekali teknologi otomotif ke 100 guru SMK se-Jawa Timur

Baca juga: Suzuki dan Daihatsu jalin kerja sama dengan aliansi EV Toyota

Baca juga: Daihatsu batasi kegiatan "offline", tingkatkan pemasaran digital

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021