Jakarta (ANTARA News) - Hatchback sport hibrida, Honda CR-Z, terpilih sebagai mobil terbaik di Jepang atau "Japan Car of the Year 2010-2011" (JCOTY) dari Japan Car of the Year Executive Committee.

Dalam siaran pers PT Honda Prospect Motor yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, CR-Z mampu mengalahkan Toyota Marx X, Nissan March, Mazda Premacy, Suzuki Swift, Volkswagen Polo, Mercedes-Benz E-Class, BMW 5-Series, Peugeot RCZ, dan Jaguar XJ.

Dewan juri menilai CR-Z merupakan hatchback sport hibrida pertama yang berhasil mencapai keseimbangan antara efisiensi bahan bakar dari teknologi hibrid dan performa berkendara sebuah mobil sport, di samping desainnya yang unik dan futuristik.

"Penghargaan ini membuktikan masyarakat telah menerima aspirasi dari Honda yang terus-menerus berupaya menghadirkan performa ramah lingkungan terbaik yang diwujudkan dalam sebuah mobil hibrid yang fun-to-drive dengan harga terjangkau," ujar Presiden & CEO Honda Takanobu Ito.

Ito menjelaskan, ke depannya Honda akan terus berekspansi untuk memasarkan CR-Z. Di Indonesia, CR-Z sempat dipamerkan Honda di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Juli lalu.

Menurut Ito, Honda CR-Z menggabungkan performa mesin i-VTEC 1,5 liter dengan tenaga baterai Integrated Motor Assist (IMA), sehingga mampu mencatat konsumsi bahan bakar yang irit. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Kementrian Infrastruktur, Transportasi, dan Kepariwisataan Jepang, konsumsi bahan bakar CR-Z mencapai 1 liter untuk 25 kilometer pemakaian di dalam kota.

JCOTY dinominasikan kepada mobil-mobil yang telah dijual di Jepang pada periode 1 November tahun 2009, hingga 31 Oktober tahun 2010. Sejak diluncurkan pertama kali pada Januari 2010, Honda CR-Z telah dijual di Jepang dan kawasan lain, seperti Uni Eropa, Amerika Utara, serta Australia dan Selandia Baru.

JCOTY tahun ini memasuki tahun ke-31, di mana Honda telah menyabet 11 gelar dalam kurun waktu tersebut. Dalam JCOTY 2010, CR-Z mampu meraih 406. Pesaing terberat CR-Z adala VW Polo yang mampu meraih poin 397 disusul Suzuki Swift dengan poin 228.
(PSO-258*R016/A038)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010