Jakarta (ANTARA News) - Ford Motor Indonesia (FMI) meluncurkan New Ford Focus yang merupakan mobil global Ford untuk segmen menengah dengan keunggulan pada "kinetic design", sejumlah fitur baru, dan dua pilihan mesin yang irit bahan bakar.

"New Ford Focus menyajikan tampilan dinamis dan fitur-fitur teknologi cerdas yang biasanya hanya ditemukan pada mobil mewah. Hal tersebut semakin melengkapi eksterior yang sekarang lebih ekspresif dan menawarkan kecanggihan yang lebih namun dengan harga yang sama," kata Presiden Direktur FMI, Will Angove, dalam acara peluncuran New Ford Focus di Jakarta, Kamis.

Ia memaparkan, New Ford Focus mempertahankan "kinetic design" yang dramatis, dengan "air intake" berbentuk trapesium besar di bawah garis bumper yang baru serta dominasi "upper grille" bagian depan untuk memberikan bentuk atletis yang khas.

Brand Manager FMI, Donald Rahmat, memaparkan, New Ford Focus memiliki tiga fitur terbaru, yaitu Auto Rain Sensing Wipers, Auto Headlamps, dan Auto Dimming Rear View.

Auto Rain Sensing Wipers akan secara otomatis aktif ketika hujan, Auto Headlamps akan memberikan visibilitas yang optimal terhadap perubahan kondisi jalan, dan Auto Dimming Rear View dirancang agar penglihatan pengemudi terhindar dari pantulan silau cahaya kendaraan lain di belakangnya.

New Ford Focus tersedia dua dalam pilihan mesin yang irit bahan bakar, yaitu mesin bensin 1.8 liter Duratec E20 yang mampu mengonsumsi 20 persen bio-etanol, atau dengan mesin diesel 2.0 liter Duratorq TDCi.

Direktur Pemasaran FMI Davy Tuilan mengemukakan, target penjualan untuk New Ford Focus adalah 10-15 unit per bulan, atau melebihi penjualan Ford Focus terdahulu yang rata-rata mencapai sekitar 10 unit per bulan.

Sebelumnya, Presiden Direktur Ford Asia Pasifik-Australia, Joe Hinrich, dalam keterangan tertulis juga telah mengemukakan bahwa penjualan Ford di pasar Asia Pasifik dan Afrika menyentuh titik tertinggi sepanjang 2010 pada September lalu dengan volume 78.700 unit, naik 27 persen dibanding September 2009, menyusul diluncurkan hatchback Fiesta.

Sementara sepanjang periode Januari-September 2010, penjualan Ford di dua wilayah tersebut juga meningkat 40 persen menjadi 651.856 unit.

Di Indonesia, Ford Fiesta telah diluncurkan pada pameran The 18th Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar pada Juli 2010.
(M040/A038)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010