Jakarta (ANTARA News) - Produsen dan pemasar sepeda motor Honda, PT Astra Honda Motor (AHM), menggondol penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori produsen motor dengan angka produksi dan distribusi bulanan tertinggi di Indonesia.

"MURI telah memberikan sertifikat penghargaan untuk kesuksesan itu. Ini menunjukkan Honda telah menjadi pilihan konsumen Indonesia," ujar Presiden Direktur AHM Yusuke Hori dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Hori menjelaskan, produksi dan distribusi tertinggi AHM terjadi pada Agustus 2010, yaitu masing-masing 351.254 unit dan 350.805 unit.

Menurut Hori, AHM akan terus memberikan produk yang lebih baik, lebih cepat terkirim dan dengan harga yang lebih terjangkau untuk meningkatkan kepuasan para konsumen di Indonesia.

"Kami akan berupaya agar selalu dapat berkontribusi kepada masyarakat dan perekonomian Indonesia dengan menciptakan lowongan kerja melalui bisnis manufaktur dan pemasaran sepeda motor di Indonesia,?ujarnya.

Executive Vice Presiden Direktur AHM Johannes Loman mengatakan, lonjakan penjualan pada Agustus dipicu upaya AHM meladeni seluruh permintaan yang masuk. Sebab, saat ini konsumen harus inden untuk beberapa model motor, seperti skutik Scoopy dan motor sport Mega Pro.

Loman menilai, tingginya produksi AHM akan diikuti dengan peningkatan kontribusi perusahaan dalam peningkatan pendapatan negara melalui pajak dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Selain itu, tandas dia, akan tercipta penciptaan ribuan lapangan kerja.

Secara keseluruhan, jika dilihat dari karyawan AHM, dealer, AHASS, part shop, dan perusahaan terkait lainnya, jumlah pekerja mencapai 250.000 orang.

"Jika dihitung dengan anggota keluarga yang ditanggung setiap pekerja, yang terkait langsung maupun tidak langsung, jumlahnya tentu lebih dari 500.000 orang," papar dia.

Di samping itu, kata Loman, Honda tidak hanya menciptakan ribuan tenaga kerja, tapi juga sangat berperan dalam menunjang aktivitas masyarakat agar lebih produktif dan efisien dalam bekerja. Apalagi, saat ini sepeda motor masih menjadi alat transportasi utama sebagian besar masyarakat Indonesia.

Realisasi produksi ke-351.254 unit tercapai Selasa (31/8) di pabrik AHM Cikarang dengan model Honda Vario Techno.

"Rekor MURI ini mengiringi dirilisnya varian baru skutik Honda yaitu Vario Techno yang hadir dengan desain dan bodi Vario Techno CBS tapi harganya lebih terjangkau bagi konsumen," katanya.

Varian baru ini dipasarkan dengan harga Rp14.800.000 (on the road DKI Jakarta) dengan striping baru yang terlihat lebih menarik dan dinamis. Terdapat empat pilihan warna, yaitu orion black, galactic blue, mars red, dan cosmic white.

(ANT-258*R016/S026)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010