Jakarta (ANTARA News) - Para penjahat di Inggris tampaknya harus berpikir ulang sebelum beraksi sebab kini polisi negara Ratu Elisabeth itu difasilitasi dengan kendaraan roda tiga, 'trike' super cepat Can-Am Spyder Roadster.

Dengan kecepatan maksimal 125 mil per jam dan bisa mencapai 60 mil per jam dalam waktu 4,5 detik, kendaraan roda tiga itu menyamai kemampuan Porsche 911 Carrera.

Apa lagi dengan kemampuan meliuk-liuk a la sepeda motor, Spyder, demikian nama kecilnya, sangat ampuh dipakai di lalu lintas yang macet.

Akan tetapi, untuk sementara kendaraan asal Kanada itu belum digunakan untuk beraksi di jalanan. Sementara ini dia digunakan hanya untuk menarik minat pengedara remaja dan pengguna sepeda motor untuk berbicara mengenai keselamatan berkendara.

Dua unit Spyder memang dipinjamkan kepada kepolisian Sussex sebagai bagian dari program uji coba tersebut yang akan berlangsung selama sebulan.

Para petugas polisi memamerkan kendaraan roda tiga itu di acara-acara tentang keselamatan berkendara untuk mengurangi angka kematian dan cidera berat di antara pengendara muda di wilayah itu.

Kendaraan yang diproduksi pabrikan khusus mobil salju dan perahu olah raga asal Kanada itu memang telah dipasarkan secara luas di Inggris.

Setiap Spyder memiliki sensor kecepatan di masing-masing rodanya dan tersambung dengan layar komputer di kemudi yang bertujuan agar pengemudinya tidak kehilangan kontrol kecepatan ketika mengemudi.

Selain itu masih ada perangkat 'interkom' yang memungkinkan pengemudi dan penumpangnya berkomunikasi.

Adrian Yeomans, manajer Collison Recreational Limited, yang meminjamkan dua unit Spyders kepada Kepolisian Sussex karena kendaraan itu lebih aman dari sepeda motor biasa dan bisa dikendarai dengan surat izin mengendarai.

"Dengan desain yang tidak biasa, dua ban depan, kendaraan itu jauh lebih unggul dari pada sepedar motor biasa dari segi keamannya," kata Yeomans.

"Dari sisi stabilitas, jika Anda berkendara sangat susah untuk membayangkannya terpeleset atau jatuh," sambung Yeomans.

"Apa lagi kendaraan itu benar-benar menarik perhatian, semua orang dari yang berusia enam samapi 60 tahun berhenti untuk melihat ketika para polisi mengendarainya," Yeomans terus bertutur.

Sersan Tony Crisp, perwira kepolisian Sussex, berharap kendaraan roda tiga itu bisa membantu menyebarkan pesan tentang keselamatan berkendara.

"Kendaraan ini menolong polisi mendekati pengendara remaja dan pengendara sepeda motor. Mereka bertanya tentang kendaraan itu dan kami berbicara kepada mereka tentang keselamatan di jalan," tukas Crisp.
(Ber/A038/BRT)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010