Jakarta (ANTARA) - The New Audi A5 Sportback hadir untuk mengisi kekosongan varian tersebut di pasar Indonesia dengan banderol harga mencapai Rp1,248 miliar off the road.

"The New Audi A5 Sportback ini kami hadirkan untuk mengisi kekosongan, karena para pesaing kami belum ada yang meluncurkannya di pasar Indonesia," ungkap Sales manager PT Garuda Mataram Motor, Dwi Sukmana Aji pada sat peluncuran The New Audi A5 secara virtual, Rabu.

The New Audi A5 hadir dengan desain yang semakin atraktif, dalam dua model sporty yaitu New Audi A5 Sportback dan New Audi A5 Coupe. Tak hanya model yang atraktif, New Audi A5 Sportback dan Coupe juga menawarkan performa dengan mesin 2,0 Liter TFSI sekaligus efisiensi bahan bakar yang semakin baik.

Baca juga: Audi hentikan produksi mobil berbahan bakar pada 2035 demi EV

Baca juga: Volkswagen "recall" Audi A3 di AS karena masalah kantong udara


Untuk menunjang performa hebat tersebut, Audi juga menawarkan sistem penggerak empat roda khas Audi, quattro, bersama dengan sistem penggerak roda depan yang efisien.

Pada tampilan luar, The New Audi A5 ini hadir dengan berbagai revisi desain eksterior dari yang sebelumnya diluncurkan, seperti pada bagian depan yang menampilkan kesan lebih bertenaga. Grille Singleframe dengan aksen sarang lebah lebih rata dan lebih lebar. Terdapat bilah tebal baru yang membentuk bagian bawah bumper depan, dengan lubang asupan udara yang kini jauh lebih besar. beralih ke bagain samping mobil ini kian terlihat menjadi lebih ramping.

Menuju pada bagian belakang, diffuser yang berada di antara kedua ujung knalpot dengan bentuk trapesium membuat bagian belakang mobil terlihat lebih lebar dan menjadi lebih kekar. Audi memberikan lampu depan LED baik New Audi A5 Sportback maupun Coupe sebagai kelengkapan standar. Audi juga menawarkan opsi lampu depan Matrix LED, serta lampu belakang LED dengan lampu sein dinamis sebagai opsi peningkatan fitur yang ditawarkan.

"Uniknya dari The New Audi A5 ini konsumen bisa memenuhi keinginan dan juga hasrat dari pemiliknya dengan merubah sesuai dengan personalisasi masing-masing," kata Stefan Hutahayan, Brand Manager, PT Garuda Mataram Motor.

New Audi A5 yang ditawarkan di Indonesia hadir dengan bumper S Line, serta velg forged alloy 15-spoke 17 inci berbalut ban 225/50 R17. Audi Indonesia menyediakan berbagai opsi desain velg untuk membuat tampilan New Audi A5 berbeda, mulai velg alloy 5-double-spoke star style berukuran 18 inci hingga velg Audi Sport cast alloy 10-spoke star style Platinum Look berukuran 19 inci.

New Audi A5 diberikan kesan lapang dan leluasa. Hal itu didapat dari banyaknya desain dengan garis-garis horizontal yang terutama ditunjukkan oleh lebarnya lubang ventilasi udara di dashboard dan permukaan di bagian bawahnya, pada panel instrument.
 
The New Audi A5 Sportback (ANTARA/HO)


Di bagian tengah ada layar sentuh MMI, 10,1 inci yang menjadi pusat pengendali yang baru. Dengan ketebalan hanya 1,3 mm, layar ini tampil sangat ramping. Sementara di bagian konsol tengah yang luas dan asimetris, terdapat kompartemen penyimpanan yang menempati posisi kontrol MMI sebelumnya.

Untuk tempat duduknya, New Audi A5 menawarkan beberapa pilihan selain kursi standard, antara lain sport seat atau sport seat dengan ventilasi. Selain itu, konsumen juga bisa memilih opsi paket S Line Interior yang terdiri dari embos "S" pada kursi sport seat berbalut kulit Nappa, plafon fabric berwarna hitam, serta permukaan aksen di interior berbalut warna Hitam Glossy.

The New Audi A5 ini hadir dengan mesin bertenaga dan efisien, plus quattro Audi A5 Sportback dalam 3 pilihan: Audi A5 Sportback 2.0L TFSI (190 hp, 320 Nm, FWD), Audi A5 Sportback 2.0L TFSI quattro (245 hp, 370Nm).

Selain itu ada juga Audi A5 Coupe 2.0L TFSI quattro (245 hp, 370 Nm) Hanya satu opsi jantung pacu yang ditawarkan bagi New Audi A5 Sportback dan Coupe di Indonesia, yaitu mesin berbahan bakar bensin 4-silinder segaris 2.0 Liter TFSI.

Namun ada perbedaan output tenaga yang ditawarkan pada mesin berimbuh turbocharger dengan kapasitas 1.984 cc ini pada New Audi A5 berpenggerak roda depan dan quattro.

Pada New Audi A5 berpenggerak roda depan (FWD), mesin ini mampu melontarkan tenaga puncak hingga 190 hp dengan torsi maksimal 320 Nm. Berpadu dengan transmisi otomatis 7-speed S-Tronic, New Audi A5 ini mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,5 detik dengan kecepatan puncak 241 km/jam.

Sementara pada New Audi A5 Sportback dan Coupe quattro, mesin serupa yang digunakan mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 245 hp dan torsi maksimal 370 Nm.

Melalui transmisi otomatis 7-Speed S-tronic yang mendistribusikan tenaga ke keempat rodanya, akselerasi New Audi A5 Sportback dan Coupe quattro dari kondisi diam hingga 100 km/jam dapat dicapai dalam 5,9 detik. Sementara untuk model Coupe, akselerasi 0 – 100 km/jam ini tercatat 5,5 detik.

Kecepatan maksimum keduanya berada di angka 250 km/jam. Untuk konsumsi bahan bakar New Audi A5 Sportback dan Coupe quattro, sama-sama dapat meraih angka 6,0 liter per 100 km di perjalanan luar kota, dan 9,2 liter per 100 km untuk konsumsi bahan bakar dalam kota.

Di Indonesia, Audi menawarkan lima pilihan warna eksterior untuk New Audi A5 Sportback maupun Coupe, yaitu Tango Red Metallic, Turbo Blue, Daytona Gray
Pearlescent, Ibis White, dan Mythos Black Metallic.

Baca juga: Audi bangun pengisian cepat sebelum rilis 20 model mobil listrik

Baca juga: Ditawar 9,2 miliar dolar, Lamborghini tak dijual Audi

Baca juga: Lamborghini akselerasi komitmen dukung kendaraan listrik

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021