Jakarta (ANTARA News) - New Audi A5 Sportback dibanderol dengan harga Rp. 885 juta on the road adalah sedan sport empat pintu dengan bodi ringan berkat penggunaan bahan alumunium, baja, dan bahan sintetis lainnya.

Audi A5 Sportback diluncurkan untuk Indonesia pada Rabu di Plaza Indonesia Jakarta. Pusat perbelanjaan itu juga sekaligus sebagai pembeli pertama kendaraan itu untuk program hadiah bagi pengunjung.

Siaran pers importir dan distributor Audi, PT Garuda Mataram Motors menyebutkan A5 Sportback menggunakan mesin berkapasitas 2.0 liter dan berkonfigurasi 4 silider turbo charged.

Mesin tersebut menggunakan sistem injeksi langsung dan inlet camsaft timing serta saluran intake manifol yang
bervariasi. Mesin tersebut juga disematkan sistem standard Start and Stop.

Tenaga sebesar 225 horse power (HP) pada rpm 4.500 – 6.250 rpm dengan torsi maksimum sebesar 350 Newton meter (Nm) pada rentang rpm 1.500 - 4.500,

Audi A5 Sportback mampu berakselerasi hanya dalam 7,2 detik dari 0-100 km/jam dan kecepatan maksimum mencapai 236 km/jam.

Teknologi transmisi delapan percepatan otomatis multitronic yang dioperasikan secara elektronik akan mengatur tenaga dan torsi yang tinggi.

Sistem suspensi canggih  di depan dan belakang menggunakan bahan alumunium. Suspensinya mendapatkan sentuhan lebih canggih berbentuk trapesium.

Urusan velg, A5 sportback menggunakan alumunium ukuran 19 inci dengan ukuran ban 255/35 palang sepuluh.

Sistem power steering yang diatur secara elektromekanikal sehingga menjamin pengendalian dengan respon langsung serta memberikan rasa presisi yang lebih baik.

Sistem kendali seperti ini ternyata memiliki keunggulan lainnya yaitu mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 0,3 liter setiap 100 kilometer karena pada saat mobil di lintasan lurus tidak membutuhkan energi sama sekali.

Keunggulan lainnya dari kendaraan penggerak ban depan ini adalah  electronic stabilization control (ESC) dengan eletronic differential lock (EDL).

Audi Hold Assist, menghindari kendaraan menggelinding pada saat berhenti di permukaan jalan miring. Ada juga Tyre Preassure Monitoring; system yang akan memonitor kondisi tekanan angin masing-masing ban melalui sensor putaran ban.

Main beam assist bisa memindahkan posisi lampu utama jauh atau dekat secara otomotis tergantung situasi dan kondisi lalu lintas.

Urusan keselamatan, A5 Sportback dilengkapi dua kantong udara adaptive airbag (volume mengembang sesuai posisi kursi) pada bagian penumpang depan dan pengendara ditambah 2 side airbag dan 2 head airbag.

Tempat duduk, pintu dan dinding samping dibalut rapi dengan bahan kulit Milano menambah aroma kemewahan di dalam kabinnya.

PT Garuda Mataram Motor menyebut The new Audi A5 Sportback sebagai model kedua yang mereka perkenalkan dalam kurun waktu di semester pertama tahun 2013.

"Beberapa model Audi menarik lainnya sudah masuk agenda kami untuk peluncurannya dalam waktu dekat. Strategi ofensif produk kami tersebut bertujuan untuk memantapkan posisi  kami di pasar mobil mewah serta mendukung peningkatan penjualan kami tahun ini,” Kata CEO Garuda Mataram Motor Andrew Nasuri saat peluncuran Audi A5 Sportback di Plaza Indonesia.


Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013