Jakarta (ANTARA) - Motional, usaha patungan Hyundai Motor-Aptiv, telah bermitra dengan perusahaan AS Lyft Inc untuk meluncurkan layanan robotaxi tanpa pengemudi di kota-kota besar di AS pada tahun 2023.

Motional berencana mengerahkan kendaraan otonom penuh yang didasarkan pada platform pabrikan mobil Korea Hyundai Motor, di jaringan berbagi kendaraan Lyft di Amerika Serikat.

Dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Jumat, Lyft setidaknya memiliki jaringan berbagi kendaraan terbesar kedua di pasar mobil terpenting dunia setelah Uber Technologies Inc.

Baca juga: Didi China uji layanan "robotaxi", bisa ditumpangi gratis

Baca juga: Intel akuisisi Moovit untuk pengembangan "robotaxi"


Kemitraan bisnis itu muncul di tengah meningkatnya permintaan untuk opsi transportasi tanpa pengemudi di tengah kekhawatiran COVID-19.

Penelitian AS, baru-baru ini menunjukkan bahwa 70 persen orang Amerika mengatakan mereka lebih berisiko untuk menaiki kendaraan umum. 1 dari 10 orang Amerika, lebih tertarik pada kendaraan tanpa pengemudi daripada sebelum pandemi.

Pada bulan Oktober, Motional bermitra dengan startup shuttle on-demand A.S. Via untuk meluncurkan layanan robotaxi bersama di A.S. tahun depan.

Dalam kemitraan tersebut, kendaraan self-driving Motional akan berfungsi sebagai robotaxi bersama berdasarkan permintaan berdasarkan teknologi Via yang mencakup pemesanan, penugasan dan identifikasi penumpang dan kendaraan, serta manajemen armada.

Pada bulan Maret, Hyundai mendirikan perusahaan patungan 50:50 dengan startup teknologi self-driving yang berbasis di Irlandia, Aptiv untuk menguji kendaraan otonom sepenuhnya untuk layanan ride-hailing akhir tahun ini.

Baca juga: Amazon Zoox rilis angkutan "robotaxi" tanpa supir, begini tampilannya

Baca juga: Mobileye Israel rajut kemitraan "Robotaxi" dengan Al Habtoor UEA

Baca juga: Baidu uji coba taksi tanpa supir "Apollo Go"
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020