Jakarta (ANTARA) - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat kenaikan pangsa pasar dari 12,9 persen pada Mei menjadi 14,1 persen untuk Juni 2020, berkat kinerja penjualan New Carry dan XL7.

"Banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas. Tapi sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih," kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam siaran pers, Selasa.

"Hal itu mendorong pangsa pasar Suzuki secara ritel naik dari 12,9 persen di bulan Mei menjadi 14,1 persen di bulan Juni,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Baca juga: Tesla raup penjualan gemilang di Korea Selatan

Baca juga: Suzuki Carry Pick-Up amankan kenaikan pangsa pasar di tengah pandemi


Kontribusi terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar retail sales ini berasal dari New Carry Pick Up sebesar 56,8 persen, disusul XL7 sebesar 13,5 persen dan All New Ertiga yang juga mendongkrak peningkatan pangsa pasar dengan kontribusi 12,1 persen.

Model-model lain seperti SX4 S-Cross, New Baleno, Jimny dan New Ignis memberikan kontribusi 10,1 persen dari total penjualan Suzuki di bulan Juni.

Merujuk pada data di atas, penggunaan kendaraan komersial New Carry Pick Up pada masa transisi PSBB terus meningkat melebihi penggunaan kendaraan penumpang.

Hal itu terjadi karena kebutuhan UMKM yang naik selama pandemi COVID-19, salah satunya untuk keperluan logistik atau bisnis pengiriman barang menuju rumah konsumen.

"Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi," kata dia. "Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL7."

Sebelumnya, penjualan mobil di Indonesia pada Juni 2020 tercatat mencapai 12.623 unit, atau naik 255,7 persen jika dibandingkan dengan Mei yang hanya 3.551 unit, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Rabu (15/7).

Toyota yang berada di bawah naungan Astra mencetak kenaikan penjualan tertinggi, dari 716 unit pada Mei menjadi 3.775 unit pada Juni.

Suzuki menduduki urutan kedua dalam penjualan terbanyak bulan Juni sebanyak 2.755 unit, melejit dari bulan sebelumnya yang cuma 779 unit.

Baca juga: Penjualan mobil Indonesia naik 255 persen, Toyota dan Suzuki memimpin

Baca juga: Penjualan mobil di AS diperkirakan berangsur membaik bulan ini

Baca juga: VW-SAIC investasi Rp8,62 triliun untuk produksi sedan Audi di Shanghai

 

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020