Jakarta (ANTARA) - Kendaraan pribadi dinilai sebagian orang sebagai moda transportasi paling nyaman untuk mudik karena bisa lebih leluasa membawa barang bawaan, baik di bagasi maupun menambahkan roofbox pada kendaraan.

Roofbox menjadi jalan keluar bagi para pemudik berkendaraan pribadi yang ingin menambah kapasitas muatan barang. Jadi sejauh ini banyak pemilik kendaraan yang hanya memasang roofbox saat mudik.

Baca juga: Roofbox solusi bawa barang saat mudik lebaran

​​​​Padahal, sebenarnya penggunaan roofbox pada kendaraan memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga jarak penumpang seperti saat sekarang ini. Untuk menambah ruang penumpang, barang ditaruh di roofbox.
​​​​​​
"Sebenarnya roofbox bukan hanya buat mudik, roofbox juga bisa digunakan sehari-hari apalagi dalam kondisi mesti jaga jarak dengan yang lainnya, misalnya bisa bawa barang belanjaan di atas roofbox, daripada di masukan ke dalam kabin mobil, jadi lebih aman di roofbox simpannya," ungkap General Manager PT Sole Indotrade--Pemilik Merek Whale Carrier di Indonesia, Ronny Alexander, saat dihubungi Antara, Senin.

Kebanyakan masyarakat mengidentikkan roofbox hanya dipakai saat mudik Lebaran saja atau bepergian jauh. Padahal roofbox sebenarnya memiliki fungsi lain yang sangat berguna.

"Karena masyarakat umumnya masih identik roofbox hanya buat mudik saja, padahal roofbox bisa juga digunakan untuk sehari-hari. Misalnya, belanjaan bisa dibawa dengan roofbox jadi lebih aman dan nyaman yang ada di dalam mobil juga kan," kata dia.

Saat adanya wabah pandemi virus corona, penjualan roofbox dari brand Whale Carrier juga mengalami penyurutan hingga 95 persen semenjak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Untuk saat ini, penjualan turun 95 persen dibandng tahun lalu untuk musim Lebaran ini," kata dia.

Baca juga: Dilarang mudik, penjualan "roof rack-roof box" mobil turun drastis

Baca juga: Jangan asal pasang roofbox saat mudik, pahami dulu aturannya

Baca juga: Roofbox besar sesuai bagi SUV asal aman
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020