Jakarta (ANTARA) - Di tengah pembatasan sosial dan berdiam diri di rumah selama pandemik virus corona baru (COVID-19), ada kalanya Anda harus tetap keluar rumah didorong kondisi yang mendesak.

Namun, patut diingat bahwa berkendara dalam kabin ber-AC bukanlah jaminan Anda pasti bisa terbebas dari virus, sehingga kebersihan mobil harus selalu dijaga, terutama untuk mereka yang masih aktif bepergian menggunakan kendaraan pribadi.

Agar tetap aman terlindung dari virus corona saat mengemudi mobil, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai tindakan preventif. Berikut kiat-kiatnya dari Garda Oto:

Bersihkan komponen mobil yang sering disentuh

Ada sejumlah titik di mobil yang kiranya menjadi tempat favorit keberadaan virus, bagian mobil yang rentan akan virus ini adalah komponen mobil yang sering disentuh. Misalnya, setir mobil, tombol audio, tombol power window, handle pintu, dan sabuk pengaman.

Anda harus rutin membersihkan komponen-komponen tersebut, namun caranya tidak boleh sembarangan.

Ketika ingin membersihkan setir mobil berbahan kulit, gunakan alat pembersih khusus kulit. jika tidak ada, pakailah air yang sudah dicampur dengan sabun. Lalu sikat perlahan dengan sikat gigi, kemudian lap bersih dengan kain microfiber.
 
Menyemprot alkohol ke dashboard (ANTARA/Shutterstock)


Cara membersihkan setir berbahan plastik atau vinil tidak jauh berbeda, pakailah campuran air dan sabun. Namun ingat, jangan terlalu kental karena akan membuat permukaan setir menjadi lengket.

Jangan lupa bersihkan bagian lainnya seperti tuas-tuas wiper dan sein. Agar lebih maksimal, proses tersebut juga bisa diterapkan untuk tuas persneling, rem tangan serta pegangan pintu.

Baca juga: Lepas rem tangan hingga jaga tekanan ban, tips rawat mobil selama PSBB

Baca juga: Amankah membersihkan dashboard mobil dengan alkohol?

Baca juga: Agar tikus dan serangga tak bersarang di mobil, lakukan ini saat WFH

Cuci tangan sebelum dan setelah menyetir

Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menekan potensi terinfeksi virus corona, sebab tangan adalah anggota tubuh paling rentan sebagai perantara dalam perpindahan virus. Jangan lupa untuk tetap memakai masker apalagi saat sedam demam, pilek dan batuk.

Bawa hand sanitizer

Cuci tangan secara rutin sebelum memegang apapun yang ada di dalam mobil. Anda dapat membawa cairan pembersih seperti hand sanitizer. Agar lebih praktis, bawa hand sanitizer dalam ukuran yang praktis untuk dibawa kemana-mana.

Jaga kondisi tubuh

Meski belum ada obatnya, virus corona dapat dihindari dengan memastikan sistem kekebalan tubuh yang baik. Oleh karena itu, selalu jaga kondisi tubuh dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, minum vitamin, berjemur di atas jam 10 pagi selama 15 menit dan segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat.

Baca juga: Tips merawat ban mobil bagi mitra taksi "online"

Baca juga: Beda perawatan mobil yang diparkir di garasi dan tempat terbuka

Baca juga: Cara rawat mobil agar harga jualnya stabil

Pewarta: N011
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020