Jakarta (ANTARA) - Toyota berpartisipasi pada pameran mobil komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-8 Maret, dengan menampilkan empat kendaraan niaga versi kustom.

Jika tahun lalu, Toyota meluncurkan dua model baru yaitu Hiace Premio dan Hilux S-Cab 4x4. Pada tahun ini mereka membawa Hiace Premio Luxury, Hiace Microbus, Hilux S-Cab 4x4 (Minning Specification), dan Dyna Refrigerator.

"Penampilan jajaran produk kendaraan komersial Toyota di pameran ini juga menegaskan komitmen Toyota untuk menghadirkan kendaraan penumpang pilihan masyarakat dan juga kendaraan niaga yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang sejalan dengan semangat terwujudnya Toyota Ever Better Cars,” kata Vice President Director Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dalam siaran pers, Kamis.

Toyota menyatakan, ingin menunjukkan semangat business solution karena produk-produk komersial Toyota bisa dikonversi sesuai dengan kebutuhan industri yang berkembang di pasar, terutama bagi pelanggan yang menginginkan customized product.

Dengan sentuhan improvement, line-up komersial tersebut merupakan produk-produk yang feasible untuk dilakukan kustomisasi oleh karoseri guna memenuhi kebutuhan pasar.

"Adanya kebutuhan pasar telah mendorong kami melengkapi pilihan line-up kendaran niaga Toyota dengan berbagai varian dan konversinya," ujar Henry.

Empat Mobil

Hiace Premio Luxury adalah jelmaan Hiace Premio, yang dikembangkan dengan konsep luxury melalui karoseri guna menyasar pasar premium.

Secara dimensi, Hiace Premio memiliki kabin sepanjang 5.915 mm, lebar 1.950 mm, tinggi 2.280 mm dan jarak sumbu roda 3.860 mm, guna menghadirkan kestabilan saat ditumpangi. Kabin Premio dirancang memuat 12 kursi penumpang.

Fitur keselamatan aktif antara lain Vehicle Stability Control (VSC) guna membatasi output drive train dan pengereman selektif ke roda indvidual jika kendaraan mengalami understeer atau oversteer.

Mobil itu menggunakan Hill-Start Assist yang mencegah mundur secara tidak terkendali saat parkir atau memulai perjalanan di lintasan mendaki. Ada juga sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan dilengkapi airbag dan seatbelt sebagai fitur keselamatan pasif.

Toyota juga mengembangkan karoseri untuk varian Hilux Single Cabin 4x4 yang didesain khusus bagi kebutuhan pertambangan (mining spesification).

Selain menggunakan ban off road Mud Terrain (MT) 265 R 17, Hilux SC dilengkapi winch bar forest with LED lamp, heavy duty rear bar, towing mounting, rollbar with strobe and heavy duty reverse alarm dan snorkel yang menjadikannya sebagai kendaraan untuk kawasan pertambangan.

Dyna Refrigerator khusus dirancang untuk kebutuhan mengangkut barang-barang yang memerlukan alat pendingin. Model itu memakai model New Dyna 110 ST 4 ban sebagai basis.

Dyna Refrigerator memiliki dimensi panjang 3.100 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.700 mm, yang menggunakan dua chamber sistem dengan adjustable separator dan alat pendingin chiller dengan suhu 15-5 derajat dan cooler dengan suhu hingga minus 5 derajat C.

Sedangkan Hiace Microbus dikembangkan dari model New Hiace 2.5, yang memakai mesin 2.494cc 2KD-FTV Turbocharged yang mampu memproduksi tenaga 102 PS dan tourge 26.5 kgm. Hiace Microbus digunakan untuk angkutan yang didesain oleh karoseri dengan jumlah bangku banyak.


Baca juga: Menperin pastikan impor truk bekas tak akan terjadi

Baca juga: Menperin targetkan program B30 serap 9,6 juta kL biodiesel di 2020

Baca juga: GIICOMVEC 2020 akan fokus pada kendaraan niaga yang aman

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020