Jakarta (ANTARA) - Awal tahun 2020 menjadi angin segar bagi PT Honda Prospect Motor (HPM), meski adanya bencana banjir yang melanda di kawasan Jabodetabek, HPM  sepanjang Januari lalu berhasil menjual 12.603 unit mobil Honda di Indonesia.

Angka itu meningkat sekitar tiga persen dibanding bulan Januari tahun 2019 yang tercatat hanya sebesar 12.190 unit.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan, penjualan di bulan Januari sempat dipengaruhi beberapa faktor, seperti banjir yang mengganggu proses bisnis di sebagian diler.

Meskipun demikian, kontribusi dari area lainnya, terutama di luar pulau Jawa mendukung pencapaian pertumbuhan pada awal tahun ini.

"Pada tahun ini Honda Brio Satya masih menyumbangkan kontribusi tertinggi dengan penjualan sebanyak 4.348 unit di bulan Januari 2020, meningkat 20 persen dibandingkan bulan Januari tahun lalu. Sementara Honda Brio RS meraih penjualan sebesar 1.297 unit, juga meningkat 6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu," ungkap Yusak Billy dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Honda akan lanjutkan produksi mobil di Wuhan

Baca juga: Honda berikan informasi untuk Jazz generasi terbaru Eropa


Selain itu penjualan Honda pada bulan pertama tahun ini juga banyak didukung oleh Honda HR-V 1.5L yang terjual sebanyak 2.329 unit dan Honda Mobilio yang terjual sebanyak 1.735 unit, atau naik 18 persen dari bulan yang sama tahun lalu.

Sedangkan jajaran model lainnya yang turut menyumbangkan penjualan adalah Honda Jazz sebanyak 1.158 unit dan Honda CR-V sebanyak 990 unit, Honda BR-V sebanyak 400, Honda HR-V 1.8L sebanyak 168 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 68 unit.

Sementara untuk model premium, Honda Civic Sedan meraih penjualan sebesar 55 unit sedangkan Honda City terjual sebanyak 34 unit, Honda Accord sebanyak 15 unit, Honda Odyssey sebanyak 5 unit dan Honda Civic Type R sebanyak 1 unit.

"Dengan penyegaran produk seperti Honda Civic Hatchback RS yang baru kami luncurkan pada awal Februari ini dan program penjualan yang memberikan keringanan biaya kepada konsumen, kami berharap dapat mempertahankan tren positif ini di bulan-bulan berikutnya," kata dia.

Saat ini, Honda menawarkan program penjualan bertajuk “Honda Bebas Biaya,” dimana konsumen yang melakukan pembelian produk-produk tertentu dari Honda akan berkesempatan mendapatkan Bebas Biaya Bensin senilai Rp6 juta rupiah.

Baca juga: Honda tarik 241.000 Odyssey karena masalah kabel

Baca juga: Ini dampak virus corona terhadap industri mobil global

Baca juga: 20 tahun, Honda CR-V terjual lebih dari 200 ribu unit di Indonesia

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020