Jakarta (ANTARA) - Suspensi kendaraan atau shockbreaker merupakan salah satu komponen penting yang harus dirawat, terutama selama musim hujan.

"Ketika masuk musim hujan biasanya shockbreaker itu sering masuk pasir dan lumpur-lumpur, sehingga jika tidak cepat dibersihkan akan mempercepat masa pakai," ungkap Owner aftersales (shockbreaker) Scarlet Racing, Suwandi saat ditemui di Jakarta, Selasa (3/1).

Kerusakan akan bertambah parah jika pemilik kendaraan bermotor tidak cepat membersihkan, misalnya shockbreaker yang gampang bocor akibat debu dan pasir yang menempel pada saat kondisi kering.

"Lebih baik segera dibersihkan jika memang terkena hujan, karena umur shockbreaker itu hanya 2-3 tahun paling lama," kata dia.

Baca juga: Mahasiswa UGM ciptakan pondasi tahan gempa dari "shockbreaker" motor

Baca juga: Shockbreaker rusak ternyata bisa diservis agar kembali berfungsi


Jika Anda ingin mengganti shockbreaker yang sudah tidak nyaman dipakai, Scarlet Racing menawarkan produk dengan harga mulai Rp250 ribu hingga yang paling mahal berkisar Rp3 juta.

Scarlet Racing adalah produsen sparepart dari China yang sudah ada di pasar Indonesia sejak 2013. Kendati demikian, Scarlet tidak hanya bermain di shockbreaker, ada juga produk aftermarket khusus roda dua seperti velg, karburator hingga jari-jari.

"Barang-barang kita juga selalu fokus dalam hal finishing, karena kita punya finishing itu rapih," kata dia.

Baru-baru ini Scarlet yang bekerja sama dengan Seventeen Garrage membuat shokbreaker yang dikhususkan untuk pengguna motor Vespa GTS, dan juga Vespa LX dengan harga yang terjangkau, yakni Rp1,750 juta hingga Rp2 juta.

Baca juga: Honda tingkatkan performa suspensi dan rem Civic Type R 2020

Baca juga: Scarlet pasarkan suspensi untuk Honda ADV, Vespa GTS dan LX

Baca juga: Suspensi bisa terlepas, Nissan tanggung perbaikan 200ribu sedan Altima
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020