Jakarta (ANTARA) - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tidak hanya berkomitmen di segmen kendaraan niaga, namun berusaha mempertahankan konsistensinya di segmen kendaraan penumpang melalui produk MU-X i-series.

MU-X tetap membawa DNA khas Isuzu yakni mesin diesel dan dengan ruang kabis yang lega, sesuai kebutuhan konsumen Indonesia. Antara pun pernah menjajal langsung performa dan kenyamanan kendaraan yang dibanderol Rp449 juta, dari Jakarta menuju Sukabumi pada 13-14 November lalu.

"Selama perjalanan, tim media dapat mengeksplor lebih dalam terkait keunggulan produk Isuzu MU-X ini yang meliputi, mesin diesel dengan Isuzu DNA yang terkenal handal dan efisien, ruang kabin yang lega dan luas, suspensi yang nyaman serta fitur keselamatan yang lengkap," ungkap President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Ernando Demily, di Sunter, Jakarta Utara.

Pada saat menjadi penumpang, SUV pesaing Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero serta Nissan Terra itu memiliki ruang kabin yang lega dengan suspensi yang empuk, serta kekedapan kabin yang cukup.

Baca juga: Isuzu Panther generasi baru belum juga muncul, kenapa?

Baca juga: Isuzu MU-X i-series siap gaet pasar kendaraan penumpang tanah air
Isuzu MU-X (ANTARA News/Alviansyah)


Saat menjadi pengemudi, mobil itu memberikan tenaga yang bagus. Namun jika pengguna langsung injak gas penuh pada mobil, maka akselerasi terasa lama naiknya. Lain halnya jika pengemudi membawa secara perlahan-lahan, maka torsi akan sangat terasa dan mengisi terus pada putaran 3.000 keatas.

MU-X memakai mesin 4x2 Turbo Diesel 4JK1-TC 2499cc, 2.5L Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi. Mesin MU-X didukung Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System).

Mobil-mobil Isuzu terkenal dengan keiritannya, begitu juga MU-X. Dengan pemakaian wajar menggunakan pendingin udara dari Sunter ke Sukabumi, mobil itu mengemas konsumsi bahan bakar 11 kilometer/liter.

Isuzu mempersenjatai MU-X dengan sistem kontrol traksi dan stabilizer lima cincin. Fitur TCS dan ESC di MU-X bisa meredam getaran dan goncangan secara  maksimal. Pada bagian rem, Isuzu MU-X sudah menggunakan cakram rem di empat rodanya.

Fitur lainnya adalah ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), BA (Break Assist), ESC (Electronic Stability Control), TCS (Traction Control System), HSA (Hill Start Assist) dan HDC (Hill Descent Control).

Kendati demikian, setiap kendaraan tidak seutuhnya hadir secara sempurna. Isuzu MU-X i-series tidak menggunakan kamera mundur sehingga cukup menyulitkan untuk parkir dengan bodi yang bongsor. Isuzu kemungkinan akan melengkapi fitur itu pada varian Isuzu S dan Z-seires yang akan diluncurkan pada tahun depan.

Berikut harga dari kendaraan Isuzu saat ini:
Isuzu mu-X Premiere Rp 499,5 juta
Isuzu mu-X Premiere Pearl White Rp 504,5 juta
Isuzu mu-X i-Series Rp 449 juta
Isuzu mu-X i-Series Pearl White Rp 454 juta
Isuzu mu-X (4x4) Transmisi Manual Rp 485 juta.

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019