Tokyo (ANTARA News) - Setelah mendapat sertifikasi dari Japan Civil Aviation Bureau (JCAB), Honda Aircraft Company memulai pengiriman pesawat HondaJet Elite untuk konsumen pertama di Jepang, pada Jumat (21/12).

Honda Aircraft Company menggelar peresmian di Bandara Internasional Haneda yang dihadiri JCAB Director-General Kuniharu Ebina, President & CEO Honda Aircraft Company Michimasa Fujino dan Chief Executive of HondaJet Japan Gentaro Toya.

Setelah Kuniharu Ebina menyerahkan sertifikat tersebut ke Michimasa Fujino, HondaJet Elite mulai dikirimkan ke tangan konsumen pertamanya yaitu Kotaro Chiba, seorang pendiri perusahaan pendanaan untuk pengembangan drone.

Pada Juni 2018, Honda Aircraft Company mulai memasarkan HondaJet Elite di Jepang melalui produk HondaJet Japan. Sejak memperluas wilayah jangkauannya, Honda telah menerima lebih dari sepuluh pesanan pesawat.

"Kami bangga akhirnya dapat melihat HondaJet mengudara di langit Jepang, yang merupakan suatu pencapaian dalam bisnis penerbangan yang dibangun Honda," kata President & CEO Honda Aircraft Company, Michimasa Fujino, dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat (21/12) malam.

Baca juga: Honda Jet incar peningkatan pengiriman pesawat ringan pada 2019

"Kami berupaya mendukung gaya hidup konsumen di Jepang dengan memperkenalkan mereka pada HondaJet Elite, yang diharapkan dapat membuat bisnis penerbangan semakin populer sehingga masyarakat terbiasa menggunakan pesawat jet baik untuk keperluan professional maupun pribadi," katanya.
 
HondaJet. (ANTARA News/HO)


Kotaro Chiba sebagai konsumen pertama HondaJet Elite di Jepang yang telah beberapa kali menggunakan pesawat itu menilai kualitas kekedapan, tenaga, kelembutan, keamanan dan stabilitas HondaJet sudah teruji.

"Kelak saat transportasi dengan jet ringan sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat, seluruh wilayah di Jepang dapat menjadi seperti satu kota metropolitan karena mudah menjangkau berbagai daerah, yang juga akan mempercepat pertumbuhan ekonomi," katanya.

Baca juga: Honda butuh waktu lama tutupi biaya pengembangan jet

HondaJet Elite menjadi pesawat jet tercepat dengan jarak tempuh terjauh dan mampu meraih ketinggian udara tertinggi di kelasnya, didukung berbagai teknologi termasuk Over-The-Wing Engine Mount (OTWEM) serta hidung dan sayap pesawat dengan desain Natural Laminar Flow (NLF) berbahan komposit.

Penyempurnaan ini berkontribusi terhadap tenaga yang besar, konsumsi bahan bakar yang efisien serta kabin terbesar di kelasnya.

Selain mendapatkan sertifikat JCAB, HondaJet Elite juga telah memperoleh sertifikat dari Amerika (Federal Aviation Administration), Eropa (European Aviation Safety Agency) dan India (Directorate General of Civil Aviaton).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018