Jakarta (ANTARA news) - Nissan mengumumkan bahwa produksi SUV crossover X-Trail baru di pabrik St Petersburg, Rusia, telah dimulai. 

"Kami sangat senang mengumumkan awal produksi resmi Nissan X-Trail baru di pabrik St. Petersburg kami," ujar wakil presiden, Nissan Motor Manufacturing Russia, Igor Boytsov, seperti dikutip dari pernyataan resmi Nissan Eropa, Selasa (30/10).

X-Trail merupakan model terlaris Nissan di seluruh dunia. Kini mobil tersebut hadir dengan sejumlah peningkatan, antara lain desain eksterior yang lebih kontemporer, suspensi yang ditingkatkan, penyempurnaan kabin yang lebih baik, dan teknologi inovatif baru Nissan Intelligent Mobility.

Fokus dari teknologi baru ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan dan keselamatan pengemudi di jalan.

Beberapa teknologi yang disematkan antara lain Rear Cross Traffic Alert, sebuah sistem yang dapat mendeteksi kendaraan yang bergerak saat pengemudi mundur.

Baca juga: Nissan luncurkan X-Trail berteknologi swakemudi ProPILOT di Jepang

Baca juga: Nissan X-Tremer mejeng di Pameran Gaikindo Surabaya


Kemudian teknologi Intelligent Emergency Braking yang membantu menghindari tabrakan dengan mendeteksi potensi rintangan di depan. Kedua teknologi tersebut tersedia di Nissan X-Trail baru.

Khusus diadaptasi untuk memenuhi permintaan pasar lokal, X-Trail baru ini dilengkapi suspensi yang diperbaharui untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Hal tersebut juga mencakup sistem Yandex.Avto yang mendukung ramalan cuaca, streaming musik, dan layanan asisten suara. 

Lalu terdapat sistem Yandex Navigator, sistem GPS yang memungkinkan pengemudi X-Trail mengoptimalkan rute mereka dengan menghindari kemacetan lalu lintas. Sebuah roda kemudi multi-fungsi baru meningkatkan penyempurnaan kabin.

Untuk memenuhi persyaratan produksi model baru, pabrik Petersburg juga telah mengalami serangkaian peningkatan, misalnya, kemampuan sensor laser yang telah dipasang di semua peralatan pengelasan untuk meningkatkan ketepatan, di samping pengenalan sistem perangkat lunak untuk meningkatkan isolasi kebisingan kendaraan. 

Proses perakitan uji X-Trail dimulai pada bulan April, yang berarti SUV crossover tersebut telah disiapkan secara komprehensif untuk diluncurkan di pasar Rusia.

Baca juga: Belum rencanakan produk baru, Nissan fokus perkuat jaringan penjualan

Baca juga: All New Nissan X-Trail terjual melebihi target
Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018