Jakarta (ANTARA News) - Pemilik mobil yang kerap memarkir kendaraan di carport atau garasi tanpa atap, harus memberikan perhatian ekstra terhadap kondisi cat mobil, ketimbang kendaraan yang diparkir di dalam garasi tertutup.

Hal itu perlu dilakukan karena cat mobil yang diparkir di ruang terbuka berpotensi lebih cepat kusam karena terpapar panas, kotoran dan embun setiap hari.

Christopher Sebastian selaku Presiden Direktur Topcoat, brand coating atau poles bodi kendaraan, menyarankan agar mobil yang diparkir di tempat terbuka dicuci setiap hari, namun hanya menggunakan air, tanpa shampoo atau sabun.

"Semestinya, mobil yang diparkir di carport harus dicuci setiap hari dan hanya menggunakan air saja," kata Christopher Sebastian kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tips membeli mobil bekas bagi pemula

Ia mengatakan, mencuci mobil dengan air saja diperlukan untuk membersihkan sisa-sisa embun yang menempel pada bodi mobil karena embun memiliki senyawa asam yang dapat membuat cat mobil menjadi kusam.

"Setelah dicuci dengan air saja, harus dilap sampai kering," katanya.

Ia juga mengingatkan jangan terlalu sering memakai shampoo untuk mencuci mobil karena tidak semua jenis shampoo memiliki kadar keasaman yang sesuai dengan karakter cat mobil.

"Tidak dianjurkan mencuci terus-terusan menggunakan shampoo. Kalau bisa seminggu sekali saja, setelah hujan atau kena lumpur," katanya.

Baca juga: Jangan remehkan kerikil di telapak ban

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018