Jakarta (ANTARA News) - Pertamina Lubricants menyatakan telah menyiapkan pelumas khusus untuk kendaraan berstandar emisi EURO IV, menyusul akan berlakukannya aturan standar emisi untuk kendaraan berbahan bakar bensin itu di Indonesia mulai 7 Oktober 2018.

"Yang jelas kami tengah mengembangkan pelumas yang sesuai, termasuk EURO IV. Sebenarnya kami sudah siap dengan itu semua," kata VP Sales & Marketing Domestic Retail Automotive Pertamina Lubricants Arie Anggoro di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya hanya tinggal menunggu spesifikasi pelumas EURO IV dari Dirjen Migas sebelum menyesuaikan produk oli untuk kendaraan tersebut.

"Tinggal kapan pemerintah meluncurkan tepatnya. EURO IV ada spesifikasinya. SAE-nya berapa, berapa kadarnya. Kalau jelas, semua kami sesuaikan," katanya.

Baca juga: Standard EURO 4 jangan beratkan masyarakat

Ia menjelaskan bahwa pelumas berstandar EURO II berbeda dengan EURO IV sehingga memerlukan penyesuaian spesifikasi pada konten zat aditif, sulfur, water content hingga standar kekentalannya (SAE).

Arie Anggoro memastikan seluruh pelumas berstandar EURO IV dari Pertamina akan diproduksi di pabrik Indonesia antara lain di Jakarta, Cilacap dan Gresik.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) berkomitmen menyediakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan setara Euro IV terutama menjelang pelaksanaan Asian Games pada Agustus dan Pertemuan IMF-World Bank pada Oktober 2018.

Baca juga: Suzuki siap produksi mobil berstandar Euro IV

Baca juga: Isuzu siap hadapi standar emisi Euro IV

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018