Jakarta (ANTARA News) - Menteri energi India mengatakan, semua mobil yang dijual di negara tersebut pada tahun 2030, berjenis kendaraan listrik, menguatkan pernyataan serupa tahun 2016.

Dalam sebuah pidato di Konfederasi Industri Tahunan India 2017 di New Delhi, Menteri Pertambangan dan Batubara Piyush Goyal mengungkapkan tentang rencana ambisius itu, dan mengharapkan pengembangan mobil listrik karena didorong adanya permintaan dari konsumen, bukan karena adanya subsidi pemerintah.

"Kami akan memperkenalkan kendaraan listrik dengan cara yang sangat besar. Kami akan membuat kendaraan listrik mandiri... Idenya, tahun 2030, tak ada satu pun mobil bensin atau diesel yang dijual di negara ini," kata Goyal.

Menteri mengakui, pemerintah perlu memberikan bantuan dua hingga tiga tahun untuk industri mobil listrik, tetapi ia percaya mobil listrik dapat tumbuh kuat di tahun-tahun berikutnya.

"Kami ingin melihat industri kendaraan listrik berjalan mandiri," kata dia.

Menurut investigasi Greenpeace, sekitar 2,3 juta orang meninggal lebih awal di India akibat polusi udara. Organisasi itu juga mengklaim, polusi udara menyebabkan kematian hampir sebanyak akibat penggunaan tembakau, demikian Carscoops.

Penerjemah: Try Reza Essra
Copyright © ANTARA 2017