Mumbai (ANTARA News) - Mesin sepeda motor berisiko mengalami stres 3,6 kali lebih besar dibandingkan mobil karena berbagai faktor, kata Head, Group Project Delivery & Technology Petronas Lubricants International (PLI) Eric Holthusen.

"Oleh karena itu mesin sepeda motor memerlukan perhatian dan perawatan yang lebih intensif," katanya di sela-sela peluncuran global pelumas sepeda motor Petronas Sprinta with UltraFlex di Mumbai, India, Kamis malam.

Eric menjelaskan, mesin sepeda motor lebih stres dibandingkan mesin mobil akibat tekanan dan gesekan yang lebih besar.

Mesin sepeda motor, kata dia, dari segi RPM juga lebih tinggi hingga 68 persen saat mencapai output tenaga yang sama dengan mobil.

Selain itu, temperatur di dalam mesin sepeda motor 33 persen lebih panas karena kerjanya yang kompleks dan ukuran yang lebih kecil. "Saya menyebutnya double trouble," ujarnya.

Eric pun yakin permasalahan mesin itu bisa diatasi Petronas Sprinta with UltraFlex yang direncanakan hadir di Indonesia sekitar akhir kuartal tahun ini atau kuartal pertama 2018.

"Kami sudah menjadi mitra Formula 1 selama lebih dari dua dekade. Mesin F1 sangat stres dengan beban kerja yang sangat besar, dan ini yang kami terapkan pada mesin sepeda motor untuk menanggulanginya," ujar dia.
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017