Denpasar (ANTARANews) -  Institut Otomotif Indonesia (IOI) bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian Kementerian, Koperasi dan UKM serta Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi,  menyelenggarakan "Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor Seni" di Denpasar.

Presiden IOI Made Dana Tangkas MSi di sela pembukaan acara tersebut di BCIC, Kota Denpasar, Bali, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut diikuti perguruan tinggi di Indonesia. Dalam ajang itu juga dilombakan hasil desain kendaraan yang nantinya bisa diproduksi secara massal.

"Lomba desain itu cukup beragam, mulai dari membuat suku cadang kendaraan, seperti merancang bangun bodi kendaraan, asesoris, dan lainnya," ujar Dana Tangkas.

Ia mengatakan dalam ajang itu peserta dituntut mampu menghasilkan karya inovatif dan kreatif dalam rancang bangun kendaraan.

"Anak-anak muda dituntut mampu menghasilkan produk yang inovatif dan kreatif, sehingga melalui pengembangan tersebut akan menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat bagi masyarakat, termasuk juga mengangkat citra bangsa di kancah nasional dan internasional," ucapnya.

Selain melombakan desain terkait kendaraan, lanjut dia, juga dipamerkan kendaraan roda empat dan roda dua yang dulunya dijadikan alat transportasi masyarakat.

"Kendaraan yang dipamerkan itu ada produksi tahun 1940-an. Namun diperbaiki dan dicat kembali sesuai aslinya. Tapi ada juga catnya masih original (asli)," ujar Dana Tangkas.

Ia mengatakan pameran yang diselenggarakan selama sepekan hingga Minggu (12/3) itu akan memberi wawasan dan pengetahuan bagi pengunjung, karena tidak semua masyarakat mengetahui kendaraan tempo dulu.

"Di ajang pameran inilah warga masyarakat akan bisa melihat secara langsung kendaraan roda empat dan dua yang sudah lawas. Namun tetap dipelihara dan dijaga keasliannya," katanya.
Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2017