Jakarta (ANTARA News) - Jelang tengah tahun, PT LG Electronics Indonesia menghadirkan koleksi terbaru perangkat elektronik rumah tangganya di pasar Indonesia.

"Kami meluncurkan produk-produk yang kami dedikasikan bagi konsumen lokal Indonesia dengan penghematan optimal yang menunjang kesehatan konsumen," kata Product Marketing Manager Home Appliance LG Electronics Indonesia, Charlie Woo, di Jakarta, Selasa.

Mengandalkan inovasi inverter, LG mengoptimalkan penggunaan teknologi tersebut di seluruh koleksinya yang tersebar mulai dari lemari es, mesin cuci, penyedot debu hingga perangkat pencuci piring elektronik.

"Menyiapkan teknologi terbaru yang membuat relevan dengan konsumen modern dan dipersenjatai dengan teknologi masa depan kami yakin dapat memimpin pasar di Indonesia," kata Woo.

Woo menjelaskan bahwa LG telah memulai inovasi inverter sejak 20 tahun lalu, sementara saat ini banyak perusahaan lain yang mengklaim menggunakan teknologi inverter.

"Perbedaannya adalah bagaimana kami mengontrol terknologi itu sendiri. Kami fokuskan kepada performanya," ujar dia.

LG Lemari Es Pada deretan lemari es terbarunya, inovasi teknologi Inverter teraplikasi pada kompresor berdesain khusus yang dinamai LG Inverter Linear Compressor. Sematan kata linear merujuk keunikan pengoperasian yang bertumpu pada satu tuas penggerak.

Pada lemari es terbarunya, LG mengusung konsep Door-in-Door yang mewujud dalam keberadaan kompartemen tersembunyi yang terletak pada bilah pintu kanan atasnya.

Dikatakan tersembunyi karena letak kompartemen tersebut bak pintu rahasia dengan dimensi lebih kecil yang berada di lapis dalam bilah pintu kanan atasnya.

"Keuntungan Door-in-Door temperature dalam kulkas berkurang sedikit dibandingkan membuka keseluruhan kulkas. Dengan teknologi ini kita bisa menghemat energi lebih banyak," ujar Woo.

LG Mesin Cuci Pemanfaatan teknologi inverter pada koleksi mesin cuci terbaru LG ini ada pada teknologi motor penggerak yang dinamai LG Inverter Direct Drive.

Bila motor pada mesin cuci konvensional letaknya terpisah dari drum pencuci dan memanfaatkan karet penghubung untuk mengaktifkan gerak putar, tak demikian halnya dengan LG Inverter Direct Drive.

"Lebih cepat rpm mesin cuci dibanding menyalankan mobil. Menyalakan mobil 800 rpm, sementara mesin cuci 1400 rpm, tapi sangat stabil. Dengan kontrol inverter akan meminimalisir getaran," kata Woo.

Kerja teknologi Inverter dalam menghemat penggunaan listrik pada pengoperasian mesin cuci LG ini semakin optimal dengan hadirnya fitur TurboWash. Secara sederhana, fitur tersebut merupakan cara LG memperpendek waktu pencucian dengan memodifikasi urutan kerja mesin cucinya.

Pada mesin cuci terbaru LG itu, kebutuhan waktu keseluruhan dapat dipangkas hingga menjadi 59 menit karena seluruh proses tersebut dilakukan serentak.

LG Dishwasher Teknologi motor penggerak LG Inverter Direct Drive diterapkan LG pada perangkat mesin pencuci piring elektronik miliknya. Pemanfaatannya membuat perangkat tersebut memiliki konsumsi listrik 30 persen lebih rendah dari yang ditetapkan Energy Star sebagai standar internasional mengenai produk energi yang efisien.

Selain rendahnya konsumsi listrik, gerak linear motor LG Inverter Direct Drive juga membuat pencuci piring elektronik LG ini beroperasi dalam tingkat kebisingan lebih rendah yaitu pada tingkat 45-48 desibel sepanjang pengoperasian. Tingkat kebisingan itu setara dengan kebisingan ruang perpustakaan yang berada di level 50 desibel.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016