Tokyo (ANTARA News) - Pabrikan otomotif Jepang, Suzuki Motor Corp, akan membeli kembali 19,9 persen saham perusahaan yang saat ini dimiliki oleh Volkswagen AG hingga senilai 3,9 miliar dolar AS, setelah bulan lalu pengadilan niaga internasional memerintahkan produsen mobil Jerman itu menjual sahamnya.

Suzuki menyatakan akan membeli kembali sebanyak 122,77 juta lembar saham yang pada penutupan perdagangan Rabu bernilai 3.842,50 yen per lembarnya atau bernilai total 471,74 miliar yen (sekira 2,53 miliar poundsterling) di Pasar Saham Tokyo melalui sistem perdagangan di luar jam kerja pada Kamis (17/9) sebelum pasar dibuka.

Pihak perusahaan belum memutuskan apa yang akan mereka lakukan terhadap saham tersebut, sementara pengelola investasi AS Daniel Loeb yang perusahaannya Third Point LLC memiliki saham di Suzuki, mendesak pabrikan otomotif itu untuk membatalkan pembelian kembali saham-saham tersebut.

Loeb, selepas putusan pengadilan pada 30 Agustus 2015 lalu juga sempat mengatakan bahwa Suzuki harus berkonsentrasi untuk meningkatkan nilai bagi para pemegang saham yang masih ada.

Sebelumnya pada Desember 2009, Suzuki dan VW bersepakat untuk bekerja sama dalam bidang teknologi dan ekspansi pasar di negara-negara berkembang, namun aliansi itu putus di tengah jalan dan Suzuki mengajukan gugatan ke pengadilan niaga pada November 2011, demikian Reuters.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015