Guangzhou (ANTARA News) - Perusahaaan otomotif Guangzhou Automobile Group (GAC Motor) siap memasuki pasar Indonesia pada 2017, kata Wakil Manajer Umum GAC Motor Yuan Xiaohua.

Ditemui usai menerima sekitar 40 wartawan asing di Guangzhou, Tiongkok, Rabu malam, kepada Antara ia menyatakan yakin produk perusahaannya akan diterima pasar Indonesia, yang telah lama didominasi oleh produk otomotif Jepang.

"Kami sangat yakin memasuki pasar Indonesia dan yakin produk kami akan mampu bersaing. Di negara lain kami juga melakukan penetrasi pasar, yang telah lama didominasi perusahaan otomotif ternama, namun kami yakin bisa," ujar Yuan Xiaohua.

Ia mengaku memahami keraguan sebagian besar masyarakat dunia terhadap produk Tiongkok, yang identik dengan harga murah dan kualitas rendah.

"Namun, kami buktikan bahwa produk kami adalah produk terbaik, dengan kualitas terbaik dengan harga yang bersaing pula. Produk kami produk high end. Setelah pasar global merasakan produk kami, kami sangat yakin pasar akan suka," katanya.

Yuan Xioahua mengatakan sejak dibangun tahun 2006, GAC Motor telah mencatat beberapa capaian penting.

"Sebagai perusahaan otomotif yang dikendalikan Pemerintah, GAC Motor telah melantai di bursa saham Shanghai dan Hong Kong," ungkapnya.

Penjualan kendaraan GAC Motor juga terus meningkat. Pada 2006 perusahaan itu tercatat menjual 352.900 unit, dan terus meningkat hingga mencapai 1.170.000 unit pada 2014. Penjualan kendaraan perusahaan itu diperkirakan naik menjadi 1,4 juta unit pada 2015.

Yuan Xiaohua mengatakan perusahaan akan terus berupaya meningkatkan kinerja untuk menguatkan merek, pemasaran, serta layanan purnajual.

"Dengan capaian yang sudah diraih, dan upaya yang terus ditingkatkan menuju perusahaan otomotif terbaik nomor satu di Tiongkok dan dunia, maka kami menargetkan memproduksi dan menjual 500 ribu unit kendaraan pada 2017 dan satu juta kendaraan pada 2020, dengan penguasaan 20 persen pasar dunia," katanya.

Selain siap memasuki pasar Indonesia, GAC Motor juga berencana memasuki pasar Amerika Serikat dan Malaysia pada 2017.

GAC Motor antara lain memproduksi kendaraan pribadi seperti sedan dan SUV, bus serta kendaraan niaga.

Di kelas sedan GAC Motor telah memproduksi sedan GA3, dan GA3s untuk kelompok menengah ke bawah, GA5 untuk masyarakat menengah ke atas dan GA6 untuk kelas eksekutif. Ke depan perusahaan akan mengembangkan sedan super mini GA2 dan sedan berbadan besar kelas lux GA8.

Di kelas SUV, GAC Motor kini memproduksi Sub Compact SUV GS4 dan Compact SUV GS5 dan GS5 Super.

Perusahaan itu juga memproduksi mesin, suku cadang dan aksesori kendaraan.

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015