Jakarta (ANTARA News) - Mini Cooper untuk pertama kalinya merilis varian bodi lima pintu dalam New Mini 5-Door untuk menjawab kebutuhan konsumen yang beragam. Iklannya di koran utama nasional hingga satu halaman penuh hari ini jelas menelan biaya, dengan jargon TGIF alias Thank God It's Five. 

"Dengan ruang kaki dan bagasi yang lebih lega, serta pengenalan dua pintu belakang dan tiga kursi belakang,
New Mini 5-Door menawarkan kenyamanan dan kemudahan lebih tanpa mengorbankan karakternya," kata Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, dalam peluncuran New Mini 5-Door, di Jakarta, Kamis.

Mobil ikonik lima pintu ini tersedia dengan dua varian, yaitu New Mini Cooper dan New Mini Cooper S.

Hadirnya dua pintu tambahan membuat Mini Cooper menambah dimensi panjang 161 milimeter dan tinggi 11 milimeter. Sementara untuk jenis Cooper S, 155 milimeter lebih panjang dan sumbu rodanya diperpanjang 72 milimeter dari Mini Cooper tiga pintu.

Hadirnya dua pintu tambahan juga memberikan kemudahan akses menuju kursi belakang yang memungkinkan ditempati tiga penumpang dengan ruang kaki 37 milimeter lebih luas dari mini tiga pintu.

"New Mini 5-Door mempertahankan desain unik, keseruan berkendara khas Mini dan karakter yang mengedepankan kepraktisan melalui tambahan ruang," kata Lim.

Untuk urusan tenaga, Mini Cooper S dibekali mesin 4 silinder 2.000 cc dengan  tenaga 192hp yang memungkinkan akselerasi 100km per jam hanya dalam 6,8 detik dengan kecepatan tertinggi 230 km per jam.

Sedangkan untuk Mini Cooper 5 Door tipe biasa diberikan mesin 3 silinder kapasitas 1.500cc dengan 136hp yang memungkinkan kendaraan ini melesat 100km per jam dalam waktu 8,1 detik dengan kecepatan maksimum 207km per jam.

Kedua varian mini juga tidak rakus bahan bakar. Mini Cooper 5 Door tipe biasa diklaim menghabiskan satu liter bahan bakar per 20km dan Mini Cooper S menghabiskan satu liter bbm untuk 18km.

Mini Cooper juga dilengkapi transmisi otomatis enam percepatan yang dilengkapi navigasi transmisi untuk memperhitungkan rute berdasarkan riwayat perpindahan gigi.

Untuk urusan adaptasi dengan pengguna, Mini Cooper menawarkan kemudahan melalui panel Driving Mode untuk gaya berkendara standar, middle, sport, atau green yang terdapat di tuas transmisi.

Selain itu Mini Cooper lima pintu ini ditunjang dengan konstruksi yang ringan namun kokoh, teknologi keselamatan, peredam benturan, serta fitur teknologi Mini Connected yang terhubung dengan ponsel pintar sehingga pengguna bisa berkendara dengan nyaman.

New Mini Cooper 5-Door dibanderol dengan harga Rp549juta off the road sedangkan New Mini Cooper S 5 Door dihargai Rp719juta off the road dan sudah tersedia di dealer resmi Mini mulai 5 Maret 2015.

Selain itu, mulai Januari 2015 Mini Indonesia bersama Maxindo memberikan tambahan waktu garansi dari 24 bulan mejadi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh yang berlaku untuk seluruh model kendaraan Mini dengan nomor induk kendaraan tahun 2015.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015